Ukraina, Spanyol dan Portugal jadi calon tuan rumah Piala Dunia 2030

Ukraina, Spanyol dan Portugal jadi calon tuan rumah Piala Dunia 2030

Modal Ukraina jadi tuan rumah Piala Dunia 2030

Sebelumnya, Ukraina punya modal pengalaman menjadi tuan rumah bersama Polandia dalam Piala Eropa 2012. Turnamen sepak bola antar negara Eropa itu digelar di empat kota yakni di Kyiv, Lviv, Donetsk, dan Kharkiv.

Namun begitu, situasi kota Donetsk dan Kharkiv kini telah dibombardir atau diduduki oleh pasukan Rusia setelah invasi oleh Moskow pada bulan Februari. Tim Nasional Ukraina dan klub-klub terkemuka saat ini tidak dapat menyelenggarakan pertandingan di kompetisi internasional karena risiko keamanan.

Sementara ini, Piala Dunia FIFA 2022 akan dimulai pada 20 November di Qatar. Sedangkan turnamen edisi 2026 akan dimainkan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

FIFA tidak memberikan jadwal resmi untuk memilih tuan rumah dari turnamen yang akan diikuti oleh 48 tim ini pada 2030. Pihak FIFA akan melangsungkan pemungutan suara terlebih dahulu. Pemungutan suara akan melibatkan sekitar 200 federasi anggota FIFA.

Tawaran Portugal-Spanyol-Ukraina diperkirakan akan menghadapi persaingan dari Amerika Selatan dengan tuan rumah bersama Argentina, Chili, Paraguay dan Uruguay.

Uruguay sendiri mengajukan menjadi tuan rumah dengan modal histori. Uruguay adalah pemenang Piala Dunia perdana di tahun 1930, 100 tahun sebelum turnamen 2030 akan dimainkan.

(brl/lea)