Sembuh dari penyakit jantung, pemain ini pimpin Denmark di Piala Dunia

Sembuh dari penyakit jantung, pemain ini pimpin Denmark di Piala Dunia

Brilio.net - Sebuah insiden yang mengejutkan terjadi pada perhelatan Piala Eropa 2020. Kompetisi antar negara Eropa yang diadakan pada 2021 akibat pandemi ini menghelat salah satu pertandingan di fase grup yang mempertemukan antara Denmark dan Finlandia.

Denmark adalah tuan rumah pada pertandingan tersebut. Bermain di Parken Stadium, Kota Copenhagen, tim berjuluk The Dynamite ini bermain dengan diperkuat beberapa penggawanya seperti Simon Kjaer sebagai kapten, Andreas Christensen, dan Christian Eriksen sebagai jenderal lapangan tengah Denmark.

Pertandingan berjalan sebagaimana mestinya. Kedua tim saling jual-beli serangan, mengatur siasat, dan mencari peluang agar terjadi gol. Namun, tiba-tiba sebuah insiden terjadi.

Sembuh dari penyakit jantung, pemain ini pimpin Denmark di Piala Dunia

foto: Instagram/@chriseriksen8

Pada menit ke-42, Christian Eriksen yang hendak menerima bola lemparan ke dalam rekannya tiba-tiba tersungkur ke tanah. Dirinya mendadak tak sadarkan diri. Hal tersebut langsung disadari oleh kapten Denmark, Kjaer. Pemain AC Milan ini sigap memberikan pertolongan pertama dengan memberikan napas buatan dan berusaha menarik lidah Eriksen agar tak tertelan yang mengakibatkan ia gagal bernapas.

Para pemain yang lainnya pun turut menghampiri, termasuk pemain Finlandia. Sebagian ada yang memanggil tim medis untuk bergegas, sebagian ada yang membuat barikade agar insiden tersebut tidak terekspos kamera.

Bantuan medis segera tiba dan resusitasi kardiopulmoner dan defibrilasi terhadap jantung dilakukan di lapangan sebelum Eriksen ditandu keluar lapangan untuk segera dilarikan ke rumah sakit.

Sembuh dari penyakit jantung, pemain ini pimpin Denmark di Piala Dunia

foto: Twitter@XrhstosGionis

Pertandingan sempat terhenti. Seluruh penonton, pemain, dan pelatih terhenyak untuk beberapa saat, tak percaya dengan yang baru saja terjadi di hadapan mereka. Namun kabar baik akhirnya datang. Sekitar satu jam setelah insiden itu, pejabat UEFA dan Asosiasi Sepak Bola Denmark (DBU) mengonfirmasi dari Rumah Sakit Rigshospitalet bahwa Eriksen telah stabil dan sudah sadarkan diri.

Meskipun sudah kembali sadar, banyak pihak mempertanyakan apakah dirinya akan bisa bermain kembali, atau harus menghentikan karier sepak bola untuk selamanya.

(brl/jad)