Nostalgia Indonesia di Piala Dunia 1938, jadi peserta Asia pertama

Nostalgia Indonesia di Piala Dunia 1938, jadi peserta Asia pertama

Indonesia yang saat itu dikenal sebagai Hindia Belanda dan mewakili Federasi Sepak Bola Hindia Belanda

Nah, tahukah kamu, ternyata Indonesia juga pernah lho menjadi peserta Piala Dunia. Tepatnya pada 1938, Piala Dunia edisi ketiga diadakan di Prancis. Pada Piala Dunia ini, untuk pertama kalinya juara bertahan, Italia sebagai juara bertahan lolos ke Piala Dunia secara langsung tanpa kualifikasi bersama Prancis yang merupakan tuan rumah.

Pada Piala Dunia 1938 ini, 37 negara berpartisipasi dalam kualifikasi. Setelah kualifikasi, 16 tim lolos ke putaran final Piala Dunia. Austria tidak mengikuti Piala Dunia ini karena Anschluss atau telah dianeksasi oleh Jerman pada Maret 1938. Sehingga tim yang berpartisipasi menjadi 15, dan Swedia langsung melaju ke babak perempat final secara otomatis.

Nah, di Piala Dunia ini Indonesia yang saat itu dikenal sebagai Hindia Belanda dan mewakili Federasi Sepak Bola Hindia Belanda, melaksanakan debutnya di Piala Dunia pada edisi ini akibat pengunduran diri Jepang dalam kualifikasi.

Nostalgia Indonesia di Piala Dunia 1938, jadi peserta Asia pertama

foto: Twitter/@theafcdotcom

Dengan itu, Indonesia (Hindia Belanda) menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Pada putaran pertama (babak 16 besar), Indonesia takluk pada Hongaria dengan skor 6-0.

Indonesia, yang kala itu masih dibawah pemerintahan Hindia Belanda datang dengan skuad campuran. Komposisinya terdiri dari para pemain keturunan Belanda, dan juga pemain-pemain pribumi asli Indonesia.

Skuad Hindia Belanda untuk Piala Dunia 1938 saat itu banyak diisi oleh pemain keturunan Belanda. Namun, di antara dominasi pemain keturunan Belanda, timnas Hindia Belanda ini dipimpin oleh pemain pribumi bernama Achmad Nawir. Achmad Nawir ini juga ditunjuk sebagai kapten oleh sang pelatih, Johannes Christoffel Jan Mastenbroek.

Kala itu Hindia Belanda berhasil lolos ke Piala Dunia 1938 tanpa tahapan kualifikasi. Pasalnya, Hindia Belanda hadir sebagai peserta cadangan yang menggantikan Jepang yang sedang sibuk berperang Asia Timur kala itu.

Nostalgia Indonesia di Piala Dunia 1938, jadi peserta Asia pertama

foto: Twitter/@theafcdotcom

Di Piala Dunia yang masih menggunakan sistem knock out ini, Indonesia bertemu dengan timnas Hungaria yang kala itu masih menjadi tim kuat di dunia. Sebagai tim debutant, Indonesia harus mengakui keunggulan Hongaria dari segala aspek. Hasilnya, Achmad Nawir dkk harus tunduk dengan skor telak yakni 0-6 dari Hongaria.

Salah satu sorotan dalam pertandingan tersebut adalah kedua kapten kesebelasan. Yakni Achmad Nawir dari Indonesia dan Gyorgi Sarosi dari Hongaria yang adalah seorang dokter. Potret yang beredar, penampilan Achmad Nawir begitu berbeda dengan para pemain lain. Nawir terlihat mengenakan kacamata di wajahnya.

Achmad Nawir pun tercatat sebagai pemain berkacamata pertama yang tampil di putaran final Piala Dunia sebelum Edgar Davids (1998). Sayangnya, perjalanan Achmad Nawir dkk di Piala Dunia 1938 tidak panjang. Mereka langsung gugur karena kalah 0-6 dari Hongaria, yang akhirnya menjadi runner-up di akhir kompetisi.

(brl/far)