Momen Luis Chaves cetak gol spektakuler bikin Arab Saudi gagal lolos

Momen Luis Chaves cetak gol spektakuler bikin Arab Saudi gagal lolos

Chavez muncul dengan gol yang membuat mental Arab Saudi luruh

Saat itu Meksiko memimpin 1-0 dan Arab Saudi berusaha menyeimbangkan kedudukan dengan berbagai manuvernya ke lini pertahanan Meksiko. Namun, Chavez muncul dengan gol yang membuat mental Arab Saudi luruh.

Tendangan bebas dari jarak 32 meter itu yang berhasil mengoyak jala kiper Arab Saudi, Mohammed Al Owais. Gol tersebut sukses membuat Meksiko unggul dua gol atas Arab Saudi. Meski Arab Saudi memperkecil kedudukan di fase perpanjangan waktu, skor 2-1 tetap saja membuat Meksiko memenangkan pertandingan.

Namun begitu, kemenangan tersebut tidak lantas membuat mereka tenang. Lantaran penentuan lolos tidaknya mereka ke-16 besar melihat hasil dari pertandingan Argentina vs Polandia.

Jika Argentina mengalahkan Polandia dengan selisih lebih dari dua gol dan Meksiko mempertahankan keunggulan mereka atas Arab Saudi, Meksiko akan lolos.

Momen Luis Chaves cetak gol spektakuler bikin Arab Saudi gagal lolos

foto: Twitter/@ESPNFC

Namun kemenangan Argentina atas Polandia hanya 2-0. Membuat Meksiko tersingkir karena aturan 'fair play'.

Apa aturan 'fair play' yang bisa membuat Meksiko tersingkir?

Jadi, Meksiko dan Polandia berakhir dengan poin yang sama. Selisih gol keduanya juga sama dan dan hasil skor 3 pertandingan yang sama. Nah, untuk memutuskan siapa yang akan lolos menemani Argentina, FIFA akan melihat hasil head-to-head mereka.

Secara kebetulan, Meksiko vs Polandia berakhir imbang 0-0 di awal turnamen ini ketika keduanya bertemu di pertandingan grup pertama mereka.

Jadi, Untuk menentukan siapa yang berhak lolos, FIFA menggunakan sistem 'fair play'. Cara kerja sistem 'fair play' FIFA adalah bahwa sebuah tim dikurangi satu poin untuk kartu kuning, tiga poin untuk 'kartu merah tidak langsung' yaitu dua kartu kuning, empat poin untuk kartu merah langsung dan kemudian lima poin untuk kartu merah langsung ke pemain yang sudah di kartu kuning.

Alasan Polandia lebih unggul secara fair play adalah mereka hanya minus lima poin, sedangkan Meksiko berperilaku kurang baik dan mendapatkan minus tujuh poin.

(brl/jad)