5 Negara debutan yang mengejutkan Piala Dunia, Italia langsung juara

5 Negara debutan yang mengejutkan Piala Dunia, Italia langsung juara

1. Senegal

1. Senegal

5 Negara debutan yang mengejutkan Piala Dunia, Italia langsung juara

foto: planetfootball.com

Salah satu negara yang cukup diperhitungkan saat Piala Dunia adalah Timnas Senegal. Pada Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan, Senegal berhasil lolos sampai fase perempat final. Padahal, Piala Dunia edisi itu adalah yang pertama dijalani oleh Senegal.

Momen terbaik mereka saat itu adalah ketika mereka berhasil menaklukkan juara bertahan, yakni Prancis. Senegal berhasil keluar sebagai juara grup dan di babak 16 besar.

Pada fase perempat final, Senegal harus mengakui keunggulan Turki dan harus takluk dengan skor tipis 0-1 dari negara Mustafa Kemal Attaturk itu.

2. Kroasia

5 Negara debutan yang mengejutkan Piala Dunia, Italia langsung juara

foto: Twitter/@fansnerazzuri

Pada Piala Dunia 1998 menjadi kesempatan pertama Timnas Kroasia. Tampil sebagai negara debutan, Kroasia seperti tampil tanpa beban. Hasilnya pun sangat mengejutkan. Kroasia berhasil keluar sebagai runner-up grup menemani Argentina sebagai juara grup.

Lolos ke 16 besar, Kroasia bertemu dengan Meksiko. Tim latin asal Amerika Utara ini berhasil ditaklukkan dengan skor 2-1 oleh Kroasia. Selanjutnya di babak perempatfinal, timnas yang identik dengan seragam kotak-kotak ini berhasil menghajar tim kuat Jerman dengan skor 3-1. Hasil itu membuat Kroasia melenggang ke semifinal menghadapi tuan rumah Prancis. Di pertandingan inilah Kroasia mulai kehabisan bensin. Kroasia takluk dengan skor 2-1 dari Prancis.

Kekalahan di semifinal membuat Kroasia harus menjalani satu pertandingan lagi menghadapi Belanda untuk memperebutkan posisi ketiga. Tak mau ingin menyia-nyiakan kesempatan mereka tampil habis-habisan dan berhasil keluar sebagai juara ketiga.

3. Ukraina

5 Negara debutan yang mengejutkan Piala Dunia, Italia langsung juara

foto: Twitter/@beinsportusa

Piala Dunia 2006 menjadi yang pertama bagi Timnas Ukraina. Kala itu, timnas Kuning-Biru itu masih diperkuat bintang mereka Andriy Shevchenko. Timnas Ukraina mampu keluar sebagai runner-up grup menemani Spanyol melaju ke 16 besar.

Di 16 besar tim ini berhasil mengalahkan Timnas Swiss lewat drama adu penalti. Melaju ke babak perempatfinal, Ukraina harus tunduk oleh keganasan Italia dengan 3 gol tanpa balas.

4. Uruguay

5 Negara debutan yang mengejutkan Piala Dunia, Italia langsung juara

foto: wikipedia.org

Piala Dunia 1930 menjadi gelaran pertama turnamen sepak bola antarnegara. Kala itu, Uruguay tampil sebagai tuan rumah dengan menjamu 13 negara yang berlayar ke negara Amerika Latin itu.

Sebagai tuan rumah, saat itu Uruguay diuntungkan oleh keadaan fisik pemainnya yang tak terganggu akibat perjalanan kapal laut yang melelahkan. Meskipun negara ini tidak dijagokan sebagai calon juara, Uruguay mampu melenggang sampai partai final dan mengalahkan Argentina dengan skor 4-2.

5. Italia

Timnas Italia tampil pertama kali di Piala Dunia pada edisi kedua di tahun 1934. Kala itu FIFA menunjuk negara pizza itu sebagai tuan rumah. Di edisi kedua ini ada 16 negara yang berpartisipasi.

Sebagai tuan rumah, Italia juga diuntungkan dengan tidak kelelahan akibat perjalanan jauh. Diketahui zaman itu transportasi belum secanggih sekarang. Untuk datang ke Italia, negara-negara peserta Piala Dunia harus menggunakan kapal dan berlayar mengarungi lautan berminggu-minggu lamanya.

Alhasil, sebagai negara debutan di Piala Dunia, Italia pun berhasil memenangi turnamen ini. Gli Azzurri berhasil menaklukkan Cekoslovakia dengan skor 2-1 kala itu. Salah satu pemain yang bersinar saat itu adalah Giuseppe Meazza yang namanya kini diabadikan sebagai nama stadion klub Internazionale Milan.

(brl/pep)