Brilio.net - Futsal kini makin popular di masyarakat, khususnya di kalangan anak muda. Buktinya, kini lapangan futsal bertebaran di mana-mana, terutama di kota-kota besar.  

Turnamen pun makin banyak digelar. Hanya saja, turnamen futsal untuk tingkat usia dini masih sangat jarang. Beruntung, McDonald’s, restoran cepat saji ini sejak tujuh tahun lalu konsisten menggelar turnamen futsal untuk tingkat sekolah dasar.   

McD Futsal © 2017 brilio.net

Tahun ini, McDonald’s bakal kembali menghelat ajang McDonald's Junior Futsal Championship untuk ketujuh kalinya. Kompetisi yang akan diikuti para siswa sekolah dasar ini akan berlangsung setiap hari Minggu mulai 15 Oktober hingga 12 November 2017.

Nah dalam kejuaraan yang didukung media anak Kompas Gramedia, XY-KIDS ini, para siswa nggak cuma belajar teknik bermain sepak bola layaknya pemain profesional lho.

Loading...

Bukan cuma soal teknis bermain futsal yang benar, tapi juga semangat sportifitas, sesuai tema yang diusung, “We are Proud to be Champions”. Mereka juga akan diajarkan jiwa ksatria. Bisa menerima kemenangan atau kekalahan dalam sebuah pertandingan. Yang jelas sih mereka akan diajarkan mental juara.

McD Futsal © 2017 brilio.netYoutube

“Kami ingin menjadi bagian penting untuk generasi muda membekali mereka dengan mental juara,” ujar Sutji Lantyka, Associate Director of Communications McDonald's Indonesia baru-baru ini di Jakarta.

Tahun ini, McDonald’s Junior Futsal Championship kembali mencatatkan sejarah dengan penambahan wilayah penyisihan di Surabaya. Sama dengan wilayah Bandung, ada 32 tim yang akan beradu futsal.

Jadi bakal ada 192 tim yang berpartisipasi pada turnamen kali ini dengan total peserta mencapai 1.920 anak. Makin tambah seru nih dibanding tahun sebelumnya.  

McD Futsal © 2017 brilio.net

Kick-off sekaligus babak penyisihan wilayah Barat akan diadakan pada Minggu, 15 Oktober 2017 di Spartan Futsal Arena, Flavor Bliss, Alam Sutra, Tangerang Selatan. Sedangkan babak penyisihan wilayah timur diselenggarakan Minggu, 22 Oktober 2017 di Futsal Indonesia, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Penyisihan wilayah Bandung digelar di Progresif Futsal Arena pada 29 Oktober 2017, dan wilayah Surabaya di Bhaskara Futsal, Surabaya pada 5 November 2017. Selanjutnya para juara wilayah akan berhadapan di babak grand final pada Minggu, 12 November 2017 di Spartan Futsal Arena.

Menurut Scholarship Coach McDonald’s Junior Futsal Championship, Vennard Hutabarat, selama ini para peserta ada yang sudah bermain dengan benar tapi nggak sedikit juga yang belum menguasai teknik dasarnya lho.

McD Futsal © 2017 brilio.net

“Artinya mereka belum mendapatkan teknik dasar futsal yang benar. Makanya saya selalu memberikan masukan kepada para pelatih setiap ngasih coaching clinic,” ujar pria yang biasa disapa Veve ini kepada Brilio.net.  

Mantan Kapten Timnas Futsal Indonesia itu juga melihat banyak anak-anak yang awal bermain futsal karena fun semata. Jadi mereka sekadar main saja. Nggak masalah sih. Justru itu menjadi modal awal yang baik sambil membina mereka untuk bermain lebih baik lagi.

McD Futsal © 2017 brilio.net

“Jadi tinggal pelatihnya bisa melihat anak-anak yang punya skill apa tidak. Kalau mereka sudah punya skill yang bagus tinggal dipoles sehingga berkembang dengan cepat bermainnya,” kata Veve.

Pemenang McDonald’s Junior Futsal Championship 2017 akan mendapatkan total hadiah sepuluh juta rupiah, school branding, futsal scholarship yang diasuh coach Vennard Hutabarat, serta sehari berlatih bersama perwakilan pemain sepak bola tim nasional indonesia. Sedangkan juara dua akan mendapatkan hadiah senilai tujuh juta rupiah dan juara tiga mendapatkan total lima juta rupiah.