Brilio.net - Federasi sepak bola Tanah Air PSSI mengumumkan bahwa Timnas Indonesia U-23 dipastikan bakal berpartisipasi di ajang Piala AFF U-23 2022. Penyebabnya timnas Indonesia kekurangan pemain lantaran badai COVID-19 yang melanda tim.

Seperti diketahui, turnamen antarnegara ASEAN ini bakal digelar di Kamboja pada 14 hingga 23 Februari 2022 mendatang. Namun, Indonesia batal berangkat hanya beberapa hari sebelum gelaran dimulai. PSSI lewat laman resmi mereka mengungkapkan ada dua alasan utama yang menyebabkan batalnya Timnas Indonesia U-23 berangkat ke Kamboja.

Alasan pertama adalah karena saat ini ada tujuh pemain yang positif Covid-19. Mereka adalah Ronaldo Kwateh, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain itu, ada empat pemain yang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan mereka yang terpapar Covid-19. Mereka adalah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Kemudian ada tiga pemain yang mengalami cedera, yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Tiga pemain yang mengalami cedera itu saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1. Beberapa pemain itu saat ini sedang dalam masa pemulihan.

Tak hanya itu, PSSI juga menyebutkan bahwa saat ini hanya ada satu penjaga gawang yang tersedia di skuad asuhan Shin Tae-yong. Dia adalah Muhammad Riyandi. Namun, Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari. Satu kiper lainnya, yakni Cahya Supriyadi juga positif covid-19.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada federasi dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.

Setelah para petinggi PSSI seperti Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong menggelar diskusi, malah diputuskan bahwa Timnas Indonesia batal berangkat ke Kamboja.

"Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujarnya dilansir brilio.net dari PSSI.