Brilio.net - Indonesia menjalani leg kedua semifinal Piala AFF 2016. Timnas Garuda harus melawan Vietnam di kandangnya dengan dukungan suporter fanatik. Sebelumnya Indonesia telah mengantongi keunggulan 2-1 atas Vietnam kala bertanding di Stadion Pakansari.

Kedua tim jual beli serangan dan masing-masing menciptakan peluang gol. Timnas Garuda akhirnya menciptakan gol lewat kaki Stefano Lilipaly (menit 54). Setelah itu drama mulai terjadi, kiper Vietnam MT Nguyen dapat kartu merah dari wasit karena dinilai melanggar pemain Indonesia.

Bermain dengan 10 pemain ternyata tak membuat Vietnam patah semangat. Mereka justru bisa membalas lewat gol dari Tanh Vu Van (menit 83) dan Tuan Vu Minh (menit 90).

Alhasil, pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan. Indonesia di awal laga babak tambahan belum bisa mengambil keuntungan dari keunggulan jumlah pemain. Namun, asa Indonesia kembali muncul lewat serangan balik striker Timnas Garuda Ferdinand Sinaga yang kemudian dilanggar oleh kiper pengganti Vietnam.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Wasit lalu menunjuk titik putih. Algojo Indonesia Manahati Lestusen berhasil menceploskan si kulit bundar yang membuat skor menjadi imbang 2-2. Hasil ini membuat Indonesia yang berhak lolos ke final Piala AFF dengan agregat 4-3.

(brl/fen)