Brilio.net - Angin segar datang dari pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Setelah melalui game yang cukup ketat kontra pasangan Tiongkok di perempat final Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani berhasil melaju ke semifinal. Pasangan peringkat enam dunia ini berhasil mengalahkan Du Yue/Li Yin Hui melalui rubber game dengan skor 21-15 20-22 21-17.

Di gim pertama, Greysia/Apriyani mampu unggul dengan cukup meyakinkan. Sementara, gim kedua terjadi pertarungan ketat dengan wakil China. Skor keduanya selalu berselisih 1-2 angka. Sempat tertinggal 17-20, Greysia/Apriyani mampu menyamakan kedudukan hingga 20-20. Sayangnya, Du Yue/Li Yin Hui berhasil menutup game kedua dengan skor 22-20.

Petarungan di gim ketiga berlangsung cukup alot sejak awal game. Pasangan Indonesia sempat unggul 7-4, lalu unggul 11-7 di interval game ketiga. Skor Greysia/Apriyani terus melaju hingga unggul 14-9, 16-10. Wakil China sempat menipiskan ketinggalan menjadi 15-18 dan 17-20. Namun, pasangan Indonessia berhasil menutup gim ketiga dengan skor 21-17.

greysia apriyani semifinal olimpiade © 2021 badmintonindonesia.org

foto: badmintonindonesia.org

Capaian Greysia Polii/Apriyani Rahayu ini menjadi prestasi tersendiri bagi sektor ganda putri Indonesia. Greys/Apri menjadi ganda putri pertama Indonesia yang sukses menembus babak semifinal Olimpiade. Pasalnya, dalam sepanjang gelaran bulutangkis di Olimpiade, sektor ganda putri belum pernah meraih emas. Kemenangan ini juga menjaga asa untuk meraih emas pertama bagi Indonesia.

Selain itu, Olimpiade Tokyo merupakan kesempatan ketiga bagi Greysia Polii. Uniknya, selama tiga kali tampil di Olimpiade, pebulutangkis asal Manado ini bertanding dengan pasangan yang berbeda-beda. Tahun 2012, Greysia Polii tampil di London bersama Meiliana Jauhari. Sayang, keduanya harus terhenti lebih awal karena didiskualifikasi.

greysia apriyani semifinal olimpiade © 2021 badmintonindonesia.org

foto: badmintonindonesia.org

Empat tahun berikutnya, di Rio De Janeiro 2016, Greys tampil bersama Nitya Krishinda. Keduanya harus puas sampai di perempat final setelah kalah dari pasangan Tiongkok, Tang Yuanting/Yu Yang dua gim langsung.

Olimpiade Tokyo 2020, Greysia tampil bersama Apriyani Rahayu. Capaian Greysia/Apriyani ini menjadi yang terbaik baginya selama tampil di multi event empat tahunan ini.

Di pertandingan sebelumnya, Indonesia juga berhasil menempatkan satu wakilnya di semifinal melalui ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. The Daddies yang diunggulkan di tempat kedua ini berhasil mengandaskan wakil tuan rumah, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. The Daddies berhasil menang melalui rubber game dengan skor 21-14, 16-21, 21-9.