Brilio.net - Chants dikenal sebagai nyanyian atau yel-yel yang biasa dinyanyikan oleh suporter sepak bola saat berada di stadion. Chants biasa dinyanyikan untuk mendukung tim kesayangan saat bertanding. Karenanya, suatu chants biasanya berisi penyemangat bagi para pemain yang bertanding agar memenangkan pertandingan. Meski demikian, tidak sedikit chants yang juga berisi ejekan atau ungkapan kebencian terhadap klub lain.

FanChants, sebuah website yang mendata chants yang dinyanyikan suporter, baru-baru ini membuat survei mengenai klub Liga Inggris yang paling dibenci. Survei tersebut didasari dengan jumlah chants bernada ejekan yang diterima suatu klub.

Dilansir brilio.net dari sportbible.com, Jumat (24/5) dari 26.000 chants yang disurvei, FanChants mengumumkan lima klub Liga Inggris yang menduduki peringkat teratas sebagi klub yang paling dibenci. Klub tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah finalis Liga Champions 2018/2019, yakni Liverpool. The Reds menerima jumlah chants bernada ejekan terbanyak dari klub-klub lain di Liga Inggris, yakni sebanyak 50 chants.

Finalis Liga Champions 2018/2019 lainnya, Tottenham Hotspur berada di urutan kedua dengan total 42 chants. Di urutan ketiga dan keempat, muncul dua klub asal Kota Manchester, yakni Manchester City dan Manchester United masing-masing dengan total 39 dan 34 chants.

Hasil survei tersebut cukup menarik mengingat dua klub teratas, Liverpool dan Tottenham Hotspur akan saling berhadapan di final Liga Champions pada 1 Juni 2019 mendatang di Stadion Wanda Metro Metropolitani, Madrid.

Loading...