Brilio.net - Berolahraga saat ini menjadi sebuah kegiatan yang menarik. Selain sehat, dengan olahraga juga bisa menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Salah satu olahraga yang paling mudah tanpa mengeluarkan biaya adalah lari.

Sebagian orang menganggap olahraga lari sebagai gaya hidup. Selain sudah banyaknya aksesoris penunjang untuk lari agar tampil fashionable, lari juga saat ini sudah banyak sekali kompetisi yang bisa diikuti.

Menurut Running Coach, Agung Mulyawan mengatakan mengikuti ajang lari dapat memicu semangat serta meningkatkan motivasi dan komitmen bagi pelari pemula. Namun masih banyak orang yang enggan memulainya.

"Rasa enggan jadi salah satu hambatannya. Untuk menjaga semangat, berlari bersama dengan teman atau bergabung dengan komunitas dapat menjadi salah satu cara menjaga semangat," ucapnya.

Untuk membekali para pemula dalam menaklukkan kompetisi lari pertama mereka, berikut tips yang bisa dilakukan pelari pemula.

Loading...

1. Datang lebih awal.

Dengan datang lebih awal, para pelari dapat memanfaatkan waktu untuk melakukan stretching 20 menit sebelum kompetisi dimulai.

2. Memperhatikan postur saat lari.

Posisi kepala tegak, bahu serta leher tetap rileks. Badan tegak agak condong ke depan dengan pandangan mata lurus ke depan. Tangan ditekuk pada bagian siku dengan sudut 90 derajat.

3. Atur pernafasan.

Bernafas dengan mulut selain bisa mendapatkan lebih banyak oksigen, juga bisa membuang lebih banyak karbondioksida. Pelari juga dianjurkan menggunakan pernafasan perut dengan menggunakan teknik pengambil napas pendek. Bila sudah terengah-engah jangan ragu untuk mengurangi kecepatan.

4. Memperhatikan asupan makanan.

Pelari dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan berat dua jam sebelum pertandingan berlangsung. Sementara itu, untuk menjaga daya tahan, pelari dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, dengan sedikit protein, lemak, dan serat.

5. Berlari bersama teman atau keluarga.

Berolahraga bersama teman dekat ataupun keluarga membuat lari menjadi lebih menyenangkan. Selain berlari, teman atau keluarga menciptakan lari lebih menyenangkan dan sarana bonding antar teman ataupun keluarga.