Brilio.net - Kepastian Rio Haryanto membalap di ajang Formula 1 (F1) tak lepas dari dukungan finansial, terutama dari perusahaan minyak nasional, Pertamina. Untuk memesan satu kursi di kokpit Manor Racing, Rio kabarnya harus membayar hingga 10 juta pounds atau sekitar Rp 190 miliar.

Salah satu sumber dana tersebut, dipastikan dari Pertamina, yang sedari awal karier di pentas internasional terus memberikan dukungan. Pertamina sudah memberikan bantuan senilai 5 juta euro atau Rp 85 miliar untuk memuluskan langkah Rio tampil di F1.

"Rio sudah resmi menjadi driver Manor di Formula 1. Selamat dan sukses buat Rio," kata Wakil Presiden Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro saat konferensi pers di Gedung Pertamina, Kamis (18/2). Hadir dalam acara tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto. Kemenpora juga sudah berkomitmen memberikan dukungan finansial.

Menpora pada acara tersebut menyerahkan bendera merah putih secara langsung kepada Rio Haryanto, wakil Indonesia di Formula 1. "Saya tidak bisa berkata-kata kecuali alhamdulillah. Akhirnya atas kerja keras, doa, tahajud, ayat kursi, dan dukungan Pertamina, Rio menjadi orang Indonesia pertama, bahkan wakil Asia yang tampil di Formula 1. Rio membuktikan bahwa anak Indonesia mampu berdiri sejajar dengan bangsa lain. Jangan biarkan Rio berjalan sendiri. Kita harus dukung bersama-sama," ujar Menpora, dikutip dari Facebook resmi Kemenpora.

"Saya memiliki jiwa fighter. Rio mewakili Negara RI. Apa yang kita saksikan sore hari ini adalah potongan perjalanan anak bangsa yang begitu rupa. Rio saat kecil kecelakaan parah, namun hari bangkit dan mengangkat nama bangsa. Kelihatannya hanya memacu kendaraan, namun keseharian Rio kita tidak pernah tahu. Dia harus menjaga stamina dan berlatih. Rio adalah pemuda kebanggaan kita di kancah dunia," kata Dirut Pertamina Dwi Soetjipto.


LINE-UP RESMI PEBALAP F1 2016
Mercedes: Lewis Hamilton, Nico Rosberg
Ferrari: Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen
Williams-Mercedes: Valtteri Bottas, Felipe Massa
Red Bull-TAG (Renault): Daniil Kvyat, Daniel Ricciardo
Force India-Mercedes: Sergio Perez, Nico Hulkenberg
Renault: Kevin Magnussen, Jolyon Palmer
Toro Rosso-Ferrari: Max Verstappen, Carlos Sainz Jr
Sauber-Ferrari: Felipe Nasr, Marcus Ericsson
McLaren-Honda: Fernando Alonso, Jenson Button
Manor-Mercedes: Pascal Wehrlein, Rio Haryanto (tinggal menunggu konfirmasi resmi)
Haas-Ferrari: Romain Grosjean, Esteban Gutierrez