Brilio.net - Dukungan bagi Rio Haryanto agar bisa berlaga di ajang Formula 1 tak hanya datang dari dalam negeri. Ternyata para pendukung pebalap asal Solo itu juga datang dari mancanegara. Tercatat dari empat benua, Asia, Eropa, Amerika dan Afrika. Mereka menegaskan, ajang jet darat itu adalah kompetisi balap mobil internasional paling bergengsi di muka bumi dan merupakan sarana promosi yang baik bagi suatu bangsa.

“Saya ingat ketika saya dan ayah saya bisa bangun jam 6 pagi untuk menonton semua sesi dari hari Jumat hingga Minggu. Kegilaan F1 ini membuat masyarakat Spanyol bersatu. Alonso menjadi harapan dan kebanggaan bagi seluruh warga Spanyol.

Fans asal Spanyol memberikan dukungannya kepada Rio.

Dampaknya, Spanyol sempat menggelar dua balapan F1 sekaligus dalam satu tahun. Pada musim 2015, kami pun memiliki tiga pebalap lokal. Saya yakin Rio Haryanto bisa seperti Alonso. Rio dapat membawa Indonesia ke panggung dunia. Saya harap Rio akan memiliki karier yang panjang di F1,” kata Pablo Mazariegos, Universidad Francisco de Vitoria Spanyol.

Dukungan juga disampaikan Alfonso Fernandez Cendoya, juga dari Universidad Francisco de Vitoria Spanyol. Menurut dia, setelah melihat Rio berprestasi di GP2 Series bersama tim Campos Racing (Spanyol), dia merasa bangga bukan hanya untuk Spanyol, tapi juga untuk Indonesia.

Dukungan dari fans Spanyol lainnya.

“Ini membuktikan bahwa kita dapat bekerja sama di banyak hal. Indonesia adalah pasar yang berkembang jadi sangat mungkin Rio akan menjadi duta bangsa yang luar biasa di F1," katanya.

DUKUNGAN BERIKUTNYA JUGA DATANG DARI BENUA AFRIKA.......

2 dari 3 halaman


Tak hanya dari Eropa, dukungan juga datang dari benua Afrika. Onyedikachi Felix-Arinzechi dari Sejong University, mengumpamakan negaranya yang menjadikan olahraga, khususnya sepak bola, sebagai platform mempromosikan suatu negara ke mata dunia.

Dukungan juga datang dari penggemar di Nigeria.

Di sepak bola, ketika Nigeria lolos ke Piala Dunia, negara itu semakin disorot. Selain itu, banyak juga pemain-pemain lokal yang membawa nama Nigeria di kompetisi liga mancanegara. Ini tentu semakin mengangkat citra pesepakbola asal Nigeria. “Saya yakin Indonesia dapat semakin dikenal dunia ketika memiliki wakilnya di F1,” ujar Arinzechi.

Sederet dukungan dari mancanegara ini membuktikan bahwa Rio bisa menjadi duta bangsa dari atas lintasan balap.

MAU TAHU DUKUNGAN DARI MANA LAGI UNTUK RIO? BERIKUT FOTO-FOTO DARI SEJUMLAH FANS NEGARA LAINNYA, DIKUMPULKAN BRILIO.NET.

3 dari 3 halaman

1. Masih dari Spanyol


2. Turkmenistan, Korea, Nigeria, Filipina.

3. Republik Ceko.


5. Puertoriko


6. Meksiko.


6. Kolombia.


7. Jerman.


8. Italia.


8. India.




9. Hungaria.


10. Chile.




11. Armenia.