Brilio.net - Tak ada cara lain untuk Persija Jakarta meraih gelar juara. Kemenangan wajib didapatkan Macan Kemayoran ketika menjamu Mitra Kukar pada pekan pamungkas  Liga 1 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (9/12) pukul 16.30 WIB.

Situasi itu terjadi karena Persija hanya berselisih satu poin dengan PSM Makassar yang menempel ketat mengumpulkan 58 angka. Jika sampai gagal mendulang nilai penuh sementara PSM menang dari PSMS Medan, Persija harus melupakan gelar juara.

Maka itu pelatih Persija Stefano Cugurra, menginstruksikan pemainnya agar fokus sepanjang laga bergulir. Ia sadar mengalahkan Mitra Kukar bukan perkara mudah.

Mitra Kukar juga pasti ingin merampok poin penuh dari pertandingan tersebut. Hal ini agar Naga Mekes dapat terhindari turun kasta untuk kompetisi musim depan.

"Kami harus latihan dengan serius dan konsentrasi di latihan. Kami tahu Mitra butuh poin, mereka tentu tidak boleh kalah. Ini yang selalu bahaya ketika menghadapi tim seperti ini," kata pria yang karib disapa Teco tersebut.

Prediksi pemain Persija vs Mitra Kukar, tuntaskan mimpi 17 tahun © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@persijajkt

Meski tak diunggulkan, Mitra Kukar berjanji tampil mati-matian di pertandingan versus Persija. Rahmad Darmawan selaku juru latih tim menegaskan anak asuhannya sudah berlatih keras untuk laga ini.

Menurut Rahmad segala persiapan berjalan lancar. Seluruh pemainnya juga dalam kondisi baik untuk bertarung di bawah sorakan puluhan ribu suporter Persija.

"Kami akan mencoba sekuat mungkin pertahankan Mitra Kukar di Liga 1 dan syaratnya hanya satu, yaitu mendapatkan poin penuh di pertandingan terakhir," ucap Rahmad.

Kemenangn Persija untuk merebut juara kasta tertinggi setidaknya bakal melepaskan dahaga setelah puasa juara. Terhitung terakhir kali Persija menjuarai kasta tertinggi pada tahun 2001 lalu.

Dengan waktu yang lama, jelas tim berjuluk Macan Kemayoran ini merindukan juara. Setidaknya penantian The Jakmania untuk menyaksikan tim kesayangannya Persija Jakarta mengangkat trofi juara kompetisi kasta tertinggi sudah demikian lamanya.

Bambang Pamungkas kini jadi satu-satunya saksi hidup sukses Tim Macan Kemayoran menjadi juara Liga Indonesia 17 tahun silam. Saat itu Bepe menyumbang gol dalam duel final melawan PSM Makassar yang berkesudahan 3-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Jalan skuat besutan Setafano Cugurra ini tak mudah. Setelah memenangi gelar pramusim Piala Presiden 2018 grafik penampilan tim asuhan Stefano "Teco" Cugurra terus menanjak. Sempat terseok-seok di putaran pertama Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak musim ini, tim Ibukota menemukan bentuk permainan terbaik begitu paruh kedua kompetisi.

Prakiraan Susunan Pemain
Persija (4-2-3-1)
Andritany Ardhiyasa;
Ismed Sofyan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa;
Rohit Chand, Sandi Darma Sute;
Novri Setiawan, Renan da Silva, Riko Simanjuntak;
Marko Simic
Pelatih: Stefano Cugurra

Mitra Kukar (4-2-3-1)
Gerri Mandagi;
Wiganda Pradika, Mauricio Leal, Saepuloh Maulana, Rendy Siregar;
Bayu Pradana, Danny Sean Guthrie;
Dedy Hartono, Septian David Maulana, Hendra Bayauw;
Fernando Rodrigues
Pelatih: Rahmad Darmawan

Pertemuan Terakhir
21/07/2018 Liga 1 - Mitra Kukar 0-2 Persija
04/02/2018 PP - Mitra Kukar 1-3 Persija
08/09/2017 Liga 1 - Mitra Kukar 1-2 Persija
14/05/2017 Liga 1 - Persija 1-1 Mitra Kukar