Brilio.net - Inggris menghadapi Kolombia di putaran 16 besar Piala Dunia di Moskow, Rabu (4/7) pukul 01.00 WIB. Pelatih Inggris, Gareth Southgate menuntut timnya untuk memanfaatkan peluang emas untuk bisa melaju jauh dan memenangi trofi Piala Dunia.

"Hidup selalu tentang peluang, mengambil kendali, mengambil alih itu. Kami mengatakan kami tidak ingin turnamen ini mengambil alih dan mendorong kami. Kami ingin menyerangnya dan memastikan kami bertanggung jawab atas takdir kami," kata Southgate dilansir brilio.net dari Telegraph.

Peluang Inggris memang terbuka lebar. Mengingat beberapa tim unggulan justru keok di babak awal. Jerman gagal melaju ke babak knockout. Sementara Argentina, Portugal dan Spanyol kompak mengakhiri lajunya di babak 16 besar Piala Dunia.

Jika Inggris melaju ke babak perempatfinal, maka lawannya antara Swiss atau Swedia yang akan berjibaku beberapa jam sebelum Inggris berlaga. Inggris terhindar dari tim kuat lainnya, Perancis atau Belgia. Peluang bagi Inggris, mengingat kedua tim ini bakal saling duel di babak perempatfinal.

Inggris juga masih akan terhindar dari Perancis atau Belgia di babak semifinal jika nanti skuat The Three Lion memenangi laga perempatfinal. Jika menang di 8 besar, Harry Kane dkk akan melawan pemenang dua tim kuda hitam, Kroasia atau Rusia.

Skuat besutan Gareth Southgate ini sudah lama tidak merasakan kelolosan dari fase knock out. Mereka terakhir kali lolos ke perempatfinal di Piala Dunia 2006. Mereka juga sudah lama tidak mengangkat trofi turnamen empat tahunan ini. Terakhir kali adalah saat Piala Dunia 1966.

Maka tak salah jika sang pelatih berharap kali ini adalah kesempatan emas melaju sejauh mungin di Piala Dunia. Inggris datang ke Piala Dunia dengan skuat mayoritas pemain muda.

Beberapa pemain sempat diistirahatkan dalam laga melawan Inggris di matchday terakhir babak penyisihan melawan Belgia. Gareth Southgate akan memanggil kembali pemain intinya agar lebih fresh menatap laga ini. 

Sejauh ini Inggris dan Kolombia sudah tiga kali bertemu di kompetisi ini. Dan Inggris tidak pernah menelan kekalahan. Walaupun pada laga terakhir berujung imbang di Piala Dunia 1998. Dan Inggris menelan pil pahit karena kalah dalam babak tos-tosan.

"Sebagai tim dan skuat Anda ingin menulis kisah dan sejarah Anda sendiri. Kami memiliki pertandingan besar besok (Selasa). Kita harus keluar dan menampilkan tampilan dan kinerja yang bagus dan berhasil. Itu yang kami pikirkan. Itulah yang paling kita konsentrasikan, " ujar Southgate.

Tim besutan Jose Pekerman sukses melaju ke babak 16 besar setelah mengalahkan Senegal dan menjadi pemuncak grup H. Meski demikian, lini serang Kolombia yang dipelopori Radamel Falcao dan James Rodriguez belum sepenuhnya garang.

Kolombia masih harap-harap cemas menanti kebugaran James Rodriguez yang mengalami cedera betis. Davinson Sanchez akan kembali ke baris pertahanan bersama Yerry Mina.

Sementara Radamel Falcao akan memimpin serangan Kolombia saat ia terlihat untuk membuktikan dirinya melawan Inggris. Radamel Falcao memiliki musim yang mengecewakan di Premier League. Ia bermain di Inggris membela Chelsea dan MU sejak 2014 hingga 2016.