Brilio.net - Nama Lalu Muhammad Zohri menjadi viral usai berhasil membawa pulang medali emas dalam dunia atletik. Ya, pria yang akrab disapa Zohri ini memenangkan ajang Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Finlandia pada Kamis (12/7) kemarin.

Zohri menjadi kebanggaan bangsa Indonesia setelah berhasil mencatat waktu tercepat 10,18 detik mengalahkan dua pelari Amerika Serikat Anthony Schawartz dan Eric Harrison. Kemenangan tersebut tentu saja mencatatkan sejarah baru bagi dunia atletik Indonesia.

Ya, Zohri menjadi sprinter asal Indonesia pertama yang berhasil meraih medali emas di ajang Kejuaraan Atletik Dunia. Sebelumnya, prestasi tertinggi Indonesia adalah peringkat ke-8 pada tahun 1986.

Kiprah Zohri di Asian Games ini tentu saja sudah dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Zohri pun turun pada dua nomor kali ini yakni 100 meter dan 4 x 100 meter putra.

Sabtu (25/8) malam ini, Zohri menjalani kualifikasi lari di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pada kualifikasi 100 meter, Zohri bersaing dengan Oh Kyongsoo (Korsel), Alexandr Kasper (Kazakstan), Xu Zhouzeng (China), Jo Kum-ryong (Korut), Yam Sajan Sunar (Nepal), dan Khairul Hafiz Jantan (Malaysia).

Loading...

Zohri berhasil menjadi yang tercepat di putaran pertama Heat 3 lari 100 meter putra dengan waktu 10,27 detik. Pria 18 tahun ini mengalahkan Xu Zhouzeng dengan waktu 10,40 dan Khairul Hafiz Jantan dengan waktu 10,47. Dengan berada di urutan pertama, Zohri pun melaju ke semifinal.