Brilio.net - Puncak turnamen bulutangkis dunia tahun 2018, bertajuk BWF World Tour Final akan segera diselenggarakan pada 12-16 Desember mendatang, di Guangzhou, China. Seperti tradisi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), dalam turnamen pamungkas ini, para pebulutangkis terbaik dunia tidak hanya bersaing di lapangan pertandingan, tetapi juga bersaing ketat memperebutkan penghargaan sebagai pemain terbaik versi BWF.

Acara penghargaan pemain terbaik oleh BWF ini diselenggarakan pada saat gala dinner BWF World Tour di Guangzhou. Sebanyak enam kategori penghargaan telah dipersiapkan oleh BWF dalam gala dinner tersebut. Keenam kategori tersebut adalah Pemain Putra Terbaik, Pemain Putri Terbaik, Eddy Choong Most Promising Player of the Year, Atlet Para-badminton Putra Terbaik, Atlet Para-badminton Putri Terbaik dan Most Improved Player of the Year.

Dari keenam kategori penghargaan tersebut, Indonesia menempatkan beberapa wakilnya sebagai nominee penghargaan. Seperti dilansir brilio.net dari laman bwfbadminton.com Senin (10/12), nama-nama seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon Fernaldi, Apriyani Rahayu, Gregoria Mariska Tunjung, Leani Ratri Oktila, dan Anthony Sinisuka Ginting berhasil meramaikan jajaran nominasi peraih penghargaan. Keenam atlet ini akan bersaing ketat dengan para pemain terbaik dunia lainnya di masing-masing kategori.

kevin marcus pemain terbaik © 2018 berbagai sumber

foto: Twitter/@INABadminton

Loading...

Dalam acara penghargaan tersebut, Duo Minions berhasil meraih penghargaan Male Player of The Year atau Pemain Putra Terbaik. Kemenangan ini sekaligus menjadi yang kedua kali setelah tahun lalu, ganda putra peringkat satu dunia ini juga menyabet penghargaan yang sama. Bersaing dengan pemain putra terbaik lainnya seperti Kento Momota (tunggal putra Jepang), dan Zheng Siwei (ganda campuran China), Kevin/Marcus dapat mempertahankan gelar pemain terbaik BWF dua kali berturut-turut.

kevin marcus pemain terbaik © 2018 berbagai sumber

foto: Twitter/@RudyRoedyanto

Terpilihnya Minions sebagai Pemain Putra Terbaik 2018 ini tentunya nggak lepas dari capaian dan prestasi yang diraih pasangan ini sepanjang tahun 2018. Pasangan yang kokoh di peringkat teratas ganda putra ini menorehkan prestasi spektakuler sepanjang 2018 dengan menjuarai 8 turnamen BWF World Tour. Kevin/Marcus tercatat memenangi gelar Indonesia Master 2018, India Open World Tour Super 500 2018, All England 2018, Indonesia Open World Tour Super 1000 2018, Japan Open World Tour Super 750 2018, Denmark Open World Tour Super 750, China Open World Tour Super 750, dan yang ternyar Minions berhasil menjuarai Hongkong Open World Tour Super 500 mengalahkan pasangan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan skor 21-13, 21-12.

Berkat rentetan prestasi ini, Minions berhasil mempertahankan gelar Pemain Putra Terbaik, sekaligus mengokohkan namanya sebagai pemain peringkat satu dunia sektor ganda putra dengan raihan poin 106.283. Sementara itu, penampilan keduanya yang gemilang sepanjang 2018 juga mengantar Kevin/Marcus menjadi peringkat pertama dalam BWF Race To Guangzhou Ranking dan berhak berlaga di BWF World Tour Final yang memperebutkan total hadiah sebesar 1,5 juta dolar atau sekitar Rp 21 miliyar.