Brilio.net - Ajang PON XX Papua akhirnya selesai diselenggarakan. Setelah melalui proses panjang, kini masyarakat akan menyambut momen penutupan PON Papua. Perayaan tersebut sekaligus menjadi momen bersejarah untuk provinsi Jawa Barat yang berhasil menjadi juara umum. Jabar mengungguli DKI Jakarta yang berada di posisi dua pada ajang ini.

Kompetisi olahraga yang sempat tertunda ini, membawa Jabar unggul jauh dari provinsi lain. Tercatat sebanyak 353 medali berhasil dibawa pulang ke tanah Sunda. Sementara itu DKI Jakarta sukses mendapatkan 301 medali. Sedangkan di posisi ketiga ada provinsi Jawa Timur yang mendapatkan perbedaan hasil yang tipis dengan DKI Jakarta.

Bukan kali pertama bagi Jabar menjadi juara umum PON. Sebelumnya, Jabar juga pernah menyandang gelar juara umum PON saat menjadi tuan rumah di tahun 2016. Kesuksesan pernah pula ditorehkan pada PON 1951 dan 1953. Dengan keberhasilan di tahun 2021, Jawa Barat tak hanya memberikan kebanggaan bagi masyarakat namun juga untuk Ridwan Kamil.

Ungkapan bangga Ridwan Kamil untuk kemenangan Jabar © Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

Melalui unggahan di akun Instagram, Gubernur Jawa Barat itu membagikan ungkapan bangga dengan pencapaian warganya. Pria yang akrab disapa Kang Emil itu bahkan memberikan pantun di momen bahagia tersebut. Keberhasilan kali ini disebut sebagai bukti, bahwa Jabar tak hanya sekadar jago kandang.

"Bawa tomat sekiloan ke Ujungpandang. Jawa Barat juara, dan bukan jago kandang. Di tanah legenda kita juara, di tanah Papua kita pun juara," begitu yang disampaikan Ridwan Kamil.

Dalam sebuah video singkat, Kang Emil menunjukkan hasil yang diperoleh Jabar. Tak hanya itu saja, ia pun dengan bangga membagikan potret para atletnya. Pemimpin yang dikenal dengan gaya santainya itu ikut mengungkapkan pesan syukur dengan perolehan timnya.

Ungkapan bangga Ridwan Kamil untuk kemenangan Jabar © Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"ALHAMDULILLAH, Atas izin dan ridho Allah SWT, Hari ini, secara resmi Jawa Barat menjadi juara umum PON 20 di Papua. 133 emas. 105 Perak dan 118 Perunggu. Buah pembinaan, kerja keras dan sports science," lanjutnya.

Bagi Ridwan Kamil, kemenangan Jabar tak terlepas dari dukungan banyak pihak yang sudah terlibat. Melalui kesempatan itu, ia turut mengungkapkan rasa terima kasih, termasuk untuk masyarakat Jawa Barat.

"TERIMA KASIH. Kepada para atlet, pelatih, ofisial, pengurus cabang olahraga, Koni Jabar dan Koni Kab/Kota, Dispora, para kepala daerah, DPRD Jabar/Kota/Kab, dan semua masyarakat jabar yang selalu mendukung dan mendoakan. HATUR NUHUN," imbuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Rasa bangga juga terlihat dari warganet yang ikut merayakan kemenangan Jabar. Terlihat beragam komentar positif diberikan sebagai bentuk ucapan selamat kepada para atlet.

"alhamdulillah wilujeng," ujar @fiksiaunurofik.

"Masya Allah.. Alhamdulillah. Sukses Pak Gub @ridwankamil sukses para Atlit PON XX kontingen Jabar..," komentar @ivanrivkykabira.

"Sebagai warga jakarta yg cari nafkah di Bandung saya ucapkan SELAMAT BUAT JABAR JUARA PON 20 PAPUA," sebut @sobat.kuliner.ig.