Brilio.net - Petinju kelas dunia, Muhammad Ali yang lahir dengan nama Cassius Marcellus Clay, Jr. pada 17 Januari, 1942 meninggal dunia pada Sabtu (4/5). Dia meninggal akibat penyakit parkinson yang dideritanya sejak 1980-an. Ali mengklaim dirinya sebagai 'yang terhebat' ini punya segudang prestasi yang tak main-main. Itu sebabnya dia menjadi atlet tinju legendaris dunia. Berikut prestasi-prestasi Ali yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (6/5)

1. Meraih Medali Emas di Olimpiade Roma.

Sebelum mengumumkan bahwa dirinya resmi masuk agama Islam pada tahun 1964, Muhammad Ali pada tahun 1960, ia berhasil meraih medali emas kelas berat di Olimpiade Roma, Italia.

2. Juara dunia kelas berat.

Pada tahun 1964 Muhammad Ali berhasil merebut juara dunia kelas berat dari Sony Le Stone, petinju yang menjadi juara tinju kelas berat dunia tahun 1962 di Florida, Amerika Serikat. Ali berhasil merebut gelar tersebut hanya dalam pertarungan paling pendek, karena hanya beberapa menit Muhammad Ali berhasil mengalahkan Sony Stone.

Loading...

3. Juara kelas berat WBC dan WBA.

Adapun pada tahun 1974, Rumble in the Jungle, Ali merebut kembali gelar sebagai juara kelas berat WBC dan WBA setelah menumbangkan George Foreman di Kinsasha, Zaire pada ronde ke 8. Foreman sendiri merupakan juara dunia tinju kelas WBA dan WBC berat pada tahun 1973, sebelum gelar itu direbut Muhammad Ali.

4. Petinju pertama dengan 3 kali juara dunia kelas berat.

Setelah Ali mengalahkan petinju Leon Spinks dengan angka 15 ronde di New Orleans. Pada tahun 1978, Ali mengukuhkan diri sebagai petinju pertama yang merebut gelar juara kelas berat sebanyak 3 kali.

5. Dianugerahi "Sportsman of the Century"

Pada tahun 1999, Muhammad Ali dianugerahi "Sportsman of the Century" oleh Sports Illustrated karena dia adalah petinju terbaik pada masanya. Bahkan para pengamat olah raga mengakuinya sebagai petinju terbaik abad ini. Sejarah tinju belum pernah mengenal petinju secepat dia.