Brilio.net - Jetski merupakan satu olahraga yang masih tergolong mewah di Indonesia. Belum banyak orang yang mengetahui olahraga ini, padahal di luar negeri seperti Amerika kejuaraan jetski sudah sangat terkenal.

Tak dipungkiri jika olahraga air jetski mulai ramai disorot ketika kakak-beradik Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar menjadi peraih medali di ajang olahraga Asian Games 2018 beberapa waktu lalu. Selain di Indonesia, banyak penghargaan yang mereka raih dari kejuaraan internasional.

Lantas, kenapa yang olahraga jetski masih sangat awam di Indonesia?

Aqsa mengatakan bahwa saat seseorang ingin membeli jetski dari luar negeri, pajaknya sangat mahal. Sama seperti membeli mobil di Indonesia yang harganya bisa tiga kali lipat dibanding di Eropa dan Amerika.

"Jadi orang lebih mikir, 'ah mending gue beli mobil daripada beli jetski', jadi dari segi itunya yang susah untuk bikin jetski hits," kata Aqsa saat ditemui media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Loading...

Kendati demikian, keduanya tak menjelaskan secara detail harga jetski. Namun ia mengatakan bahwa harga satu jetski sama seperti harga satu unit mobil.

"Seharga mobil lah. Seharga Fortuner lah, jadi orang lebih milih beli Fortuner dong, dibanding beli jetski. Tapi kan Fortuner nggak bisa di laut," ujarnya.

Hingga kini, keduanya memiliki beberapa jetski. Meski tak menyebutkan jumlah jetski yang dimilikinya, namun mereka mengatakan memiliki di beberapa negara.

"Nggak bisa jawab. Di Amerika ada buat lomba, ada di beberapa negara juga biar nggak shipping (mengirim ke luar negeri) jetski pas mau lomba," tutup Aqsa.