Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi atlet dalam kejuaraan panahan Bogor Terbuka atau  Bogor Open Archery Championship 2017 di Lapangan Pusdikzi TNI AD, Jalan Sudirman, Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/1). Jokowi sudah sekitar delapan bulan berlatih memanah untuk mengikuti ajang tersebut. Hasilnya, Presiden mendapat skor 107 dalam Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka atau

"Wow...nilainya 107 poin, lebih dari 100 dan bisa kena kuningnya (lingkaran tengah/nilai tertinggi)," kata Jokowi seperti dikutip brilio.net dari Antara, Minggu (22/1).

Untuk mengikuti kejuaraan panahan Bogor Terbuka 2017, Jokowi datang sekitar pukul 09.40 WIB dan baru masuk ke arena lomba pukul 10.20 WIB. Jokowi bersaing dengan 30 peserta lain untuk kelas umum eksekutif nasional, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta atlet nasional Rosiana Gelante dan Nur Fitriana.

Lomba itu meliputi enam sesi dan setiap sesi peserta diberi waktu empat menit untuk menembakkan enam anak panah.

Pada tembakan pertama, Presiden berhasil membidik tepat di lingkaran kuning, namun pada bidikan dia selanjutnya hanya mengenai lingkaran merah dan biru, bahkan ada yang di luar target. Namun capaian Presiden lebih baik dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi yang hanya mengumpulkan skor 100.

Jokowi mengaku, selain berlari, dia juga berlatih olahraga memanah pada hari Sabtu dan Minggu. Hal ini sudah dilakukan selama delapan bulan terakhir. "Ini hanya ikut-ikutan, tapi yang paling penting bisa memotivasi atlet panahan baik yang yunior maupun yang sudah senior agar menekuni dan prestasi kita bisa melompat lebih baik," kata Jokowi yang saat lomba mengenakan jaket dan celana hitam.