Brilio.net - Gelaran Piala Dunia 2018 telah berakhir dengan Prancis sebagai pemenangnya. Prancis berhasil menyabet gelar Juara Piala Dunia 2018 setelah berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2.

Piala Dunia yang digelar di Rusia ini menorehkan sejarah baru. Sang pelatih tim nasional Prancis berhasil meraih tropi kemenangan sebagai pemain dan pelatih. Didier Deschamps pernah menjuarai Piala Dunia sebagai pemain pada tahun 1998.

Ternyata bukan hanya pelatih tim nasional Prancis yang pernah merasakan euforia kemenangan piala dunia sebagai pelatih dan pemain. Sepanjang Piala Dunia digelar, terdapat tiga sosok yang pernah memenangkan Piala Dunia sebagai pelatih dan pemain.

Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (16/7), berikut deretan pemain sepakbola yang akhirnya jadi pelatih dan memenangkan Piala Dunia.

1. Franz Beckenbauer.

pemain & pelatih © 2018 brilio.net

foto: eplsl.com

Franz Beckenbauer pernah menjadi kapten tim nasional Jerman di Piala Dunia 1974. Franz membawa timnya memenangkan Piala Dunia 1974. Kariernya semakin menanjak di mana ia menjadi pelatih Jerman di tahun 1984. Selanjutnya, gelar Piala Dunia 1990 berhasil diraih Jerman saat Franz jadi pelatih.

2. Mario Zagallo.

pemain & pelatih © 2018 brilio.net

foto: alchetron.com

Legenda sepak bola Brazil, Mario Zagallo pernah memenagkan Piala Dunia sebanyak tiga kali. Mario Zagallo berhasil memenangkan Piala Dunia tahun 1958 dan 1962. Sementara itu di ajang Piala Dunia 1970, Zagallo menjadi pelatih tim nasional Brasil saat memenangkan turnamen itu. Mario Zagallo berhasil memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih sepanjang kariernya di dunia sepakbola.

3. Didier Deschamps.

pemain & pelatih © 2018 brilio.net

foto: istimewa

Pelatih tim nasional Prancis ini menjadi orang ketiga yang pernah merasakan gelar juara dunia sebagai pelatih dan pemain. Kemenangan Prancis di Piala Dunia 2018 adalah piala dunia kedua yang berhasil diraih Didier Deschamps. Sebelumnya, Didier Deschamps pernah menjadi bagian dari kemenangan Piala Dunia sebagai pemain di tahun 1998.

Didier Deschamps pernah tergabung dalam tim nasioanl Prancis. Pemain Prancis ini berhasil membawa pulang tropi juara di Piala Dunia 1998 setelah menyelesaikan laga dengan Brasil. Skor yang diraih Prancis saat itu adalah 3-0.