Brilio.net - Stasiun televisi Iran, Islamic Republic of Iran Broadcasting (IRIB) membatalkan siaran pertandingan Bundesliga antara Bayern Munchen (Bayern Munich) dan Augsburg, Sabtu (16/2) lalu. IRIB memilih untuk tidak menampilkan pertandingan lantaran wasit pertandingan Bibiana Steinhaus adalah seorang wanita.

Dilansir brilio.net dari sportbible.com, IRIB membatalkan siaran pertandingan karena tidak menyetujui gambar wanita (wasit) tersebut mengenakan pakaian pendek atau menunjukkan bagian kulitnya dalam jumlah yang besar.

wasit tv iran © 2019 brilio.net-foto: PA/sportbible.com

Sebenarnya, Iran sendiri telah mengatur penyensoran adegan dalam film di mana bila sang aktris dianggap mengenakan pakaian yang terlalu terbuka. Begitu sebaliknya yang terjadi terkait busana Steinhaus yang memakai celana pendek dalam pertandingan tersebut.

Rupanya ini bukanlah kali pertama terjadi. Sebab pertandingan antara FC Koln dan Bayern Munich yang dipimpin Steinhaus Bibiana pada Mei 2018 juga mengalami permasalahan yang tak jauh berbeda. Di mana kamera lebih sering menyoroti penonton di tribun dan menyensor tiap kali kamera berada pada Bibiana.

Loading...

wasit tv iran © 2019 brilio.net-foto: PA/sportbible.com

Permasalahan ini nyatanya begitu disayangkan dan membuat banyak penggemar kecewa. Terlebih mengingat prestasi yang miliki wanita yang akrab disapa Bibi. Seperti diketahui, sejak tahun 2007 nama Bibi mulai dikenal publik usai ditugaskan jadi wasit yang memimpin laga di tingkat kedua Liga Jerman.

Kemudian kariernya kian melambung setelah final Piala Dunia wanita 2011, final wanita Olimpiade 2012 dan kemudian final Liga Champions wanita 2017.

wasit tv iran © 2019 brilio.net-foto: Twitter/@ODDSbible

"Selalu menjadi impian saya untuk menjadi wasit Bundesliga. Bahwa mimpi ini akan menjadi kenyataan membuatku gembira. Di satu sisi itu adalah atas kerja kerasku, dan di sisi lain itu adalah dorongan besar untuk terus bekerja keras," ujarnya seperti dikutip dari laman DFB.

Di September 2017, salah satu impiannya pun terwujud ketika membuat sejarah sebagai wanita pertama yang menjadi wasit di permainan Bundesliga. Wanita 39 itu berharap mendobrak banyak hambatan yang dianggap tak perlu dan kuno ini.