Brilio.net - Manchester United dikabarkan memutuskan untuk mengakhiri kontrak manager mereka Louis van Gaal meski telah mempersembahkan trofi Piala FA. Disebut-sebut posisi pelatih asal Belanda itu akan digantikan mantan manager Chelsea, Jose Mourinho.

Keputusan pemecatan pelatih usia 64 tahun itu diyakini karena sejumlah rentetan kegagalan Setan Merah di kancah liga domestik maupun Eropa pasca ditinggalkan pelatih legendaris mereka, Sir Alex Ferguson. Padahal, United sendiri telah menggelontorkan dana mencapai satu triliun rupiah lebih demi memenuhi ambisi Van Gaal.

Dikutip brilio.net dari BBC, Senin (23/5), jajaran dewan Setan Merah akan melakukan pertemuan dengan Jose Mourinho pada Selasa (24/5). Sejauh ini belum jelas masa depan asisten pelatih Van Gaal, Ryan Giggs dan anggota tim pelatih lainnya.

Namun santer dikabarkan meski dipecat, van Gaal mendapatkan pesangon 5 juta poundsterling atau setara Rp 98 miliar karena kontraknya masih setahun dan bonus 400 ribu poundsterling atau setara Rp 7 miliar.

Hingga akhir musim, MU menorehkan catatan buruk hanya mampu finish di peringkat kelima klasemen akhir. Itu artinya MU gagal menembus Liga Champions dan hanya bermain di Liga Eropa musim depan.