Brilio.net - Virus Corona benar-benar berdampak untuk seluruh dunia, setelah dikabarkan banyak negara yang ekonomi mulai terganggu karena virus Corona, tak terkecuali dampak signifikan dirasakan oleh dunia olahraga, terutama sepak bola yang dalam satu pertandingan melibatkan banyak orang, mulai dari panitia pertandingan hingga penonton yang mencapai ribuan.

Banyaknya jumlah penonton ini membuat perangkat pertandingan sampai panitia penyelenggara pertandingan merasa khawatir, semakin banyak orang yang terlibat dalam satu pertandingan, maka akan semakin memperbesar kemungkinan penyebaran virus Corona.

Hal ini berdampak pada pertandingan yang akan berlangsung minggu ini, banyak pertandingan yang akhirnya digelar tanpa penonton, bahkan hingga ditunda waktu pertandingannya. Beberapa liga top Eropa bahkan sampai menunda pertandingan, meski meraka tahu menunda pertandingan bisa merugikan liga.

Dikutip dari berbagai sumber oleh brilio.net, Rabu (11/03), ini dia liga top Eropa yang pertandingannya yang terdampak oleh virus Corona.

1. Liga Serie A Italia.

Loading...

Darurat Corona, 5 liga top Instagram

foto: Instagram/@seriea

Dilansir dari bola.com. Presiden Lega Pro, Francesco Ghirelli diharuskan menyiapkan proposal terkait kelanjutan Serie A. Namun dari opsi yang terpilih, Serie A resmi ditunda hingga tanggal yang belum ditentukan. Namun jika liga dihentikan Presiden Lega Pro juga memiliki opsi untuk menghentikan Serie A bahkan tanpa peraih gelar Scudetto, dan yang terdegradasi akan melalui sistem play-off.

2. La Liga Santander Spanyol.

Darurat Corona, 5 liga top Instagram

foto: Instagram/@laliga

La Liga Spanyol pekan 28 dan ke-29 dipastikan akan digelar tanpa penonton. Keputusan ini diambil untuk menghambat penyebaran virus Corona. Meski sudah dinyatakan akan melangsungkan pertandingan tanpa penonton, ternyata klub dan Asosiasi pemain La Liga Spanyol, lebih memilih untuk pertandingan ditunda, karena sepak bola itu dimainkan untuk fans, dan tidak artinya jika dimainkan tanpa penonton.

3. UEFA Europa League

Darurat Corona, 5 liga top Instagram

foto: Instagram/@europaleague

UEFA Europa League juga sudah menerapkan peraturan pertandingan tanpa penonton, dan akan dimulai di laga LASK v Manchester United yang akan digelar di kandang LASK pada Jumat (13/03), dini hari. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang sangat berisiko bila berinteraksi dengan banyak orang dalam satu waktu.

4. UEFA Champions League

Darurat Corona, 5 liga top Instagram

foto: Instagram/@championsleague

Yang paling dekat adalah pertandingan yang akan berlangsung Kamis (12/03), dini hari nanti, antara PSG v Dortmund dan Liverpool v Atletico. Pertandingan antara PSG v Dortmund akan digelar di kandang PSG ini akan dilangsungkan tanpa penonton. Laga ini dipilih tanpa penonton juga karena dampak dari menghambat penyebaran virus Corona.