1. Jadi pemandu bakat PSSI, blusukan temukan bakat-bakat terbaik sepak bola Indonesia.

rekor mengagumkan Indra Sjafri Berbagai sumber

foto: istimewa

Karir kepelatihan Indra Sjafri dimulai ketika dirinya bertugas sebagai instruktur dan pemandu bakat di PSSI sejak Mei 2009. Saat itu dirinya bertugas untuk blusukan ke berbagai daerah di Indonesia untuk memantau bakat para bibit muda sepak bola Indonesia.

Nama-nama punggawa Timnas Garuda yang kini bersinar seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Evan Dimas Darmono adalah beberapa pemain yang bakatnya berhasil ditemukan oleh Indra Sjafri.

2. Membawa Timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19

rekor mengagumkan Indra Sjafri Berbagai sumber

foto: Twitter/@KnightFriend6

Pada kejuaraan AFF level umur U-19 tahun 2013, Indra Sjafri dipercaya untuk memimpin Timnas Indonesia U-19 di pinggir lapangan. Timnas Indonesia U-19 yang dulu dihuni Evan Dimas Darmono, Maldini Pali, Ilham Udin Armaiyn, dan Dimas Drajad ini berhasil tampil dominan dan tembus ke babak final berkat tangan dinginnya.

Di babak final melawan Vietnam, Timnas Indonesia U-19 pun berhasil merengkuh juara lawat drama adu penalti. Gelar juara ini merupakan gelar pertama Indonesia sejak 22 tahun terakhir di mana Indonesia tak pernah meraih satupun gelar juara baik di level Asia Tenggara maupun level yang lebih tinggi.

3. Pecundangi Timnas Korea Selatan U-19 dan lolos Piala Asia U-19

rekor mengagumkan Indra Sjafri Berbagai sumber

foto: Twitter/@Indostransfer

Pada pertandingan terakhir Grup G Kualifikasi Kejuaraan U-19 AFC 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 12 Oktober 2013, anak asuh Indra Sjafri mengalahkan juara 12 kali Piala Asia U-19, Korea Selatan dengan skor akhir 3-2.

Hal tersebut pun sekaligus meloloskan timnas U-19 ke putaran final Piala Asia U19 2014 yang digelar di Myanmar pada Oktober 2014. Korea Selatan yang saat itu diperkuat striker yang kini merumput di Liga Premier Inggris, Hwang Hee-chan pun harus bertekuk lutut dari skuad asuhan Indra Sjafri.

4. Membawa Timnas U-22 menjuarai Piala AFF U-22

rekor mengagumkan Indra Sjafri Berbagai sumber

foto: Twitter/@Indostransfer

Pada kejuaraan sepak bola antar negara Asia Tenggara atau yang dikenal Piala AFF U-22 2019, Indra Sjafri pun dipercaya memimpin pasukan Merah Putih dari pinggir lapangan.

Turnamen yang terselenggara di Kamboja ini, berhasil dimenangkan oleh skuad merah putih. Lagi-lagi lewat sentuhan 'ajaib' dari pelatih Indra Sjafri kepada Marinus Wanewar dkk. Di final, Indonesia berhasil tampil perkasa atas Thailand dengan membalikkan keadaan setelah tertinggal lebih dulu dengan skor 2-1.

5. Membawa Timnas U-22 meraih Medali Emas setelah 32 tahun

rekor mengagumkan Indra Sjafri Berbagai sumber

foto: Twitter/@pssi

Timnas Indonesia U-22 berhasil melenggang ke final setelah berhasil comeback epic melawan Vietnam. Di final, Garuda Muda menjamu Timnas Thailand.

Melalui drama perpanjangan waktu dan permainan yang keras, serta insiden baku hantam, Indonesia sebenarnya sempat unggul di babak pertama dengan skor 2-0 atas Thailand lewat dwi gol yang dicetak Ramadan Sananta.

Namun di paruh kedua Thailand berhasil menyamakan kedudukan. Pertandingan pun harus dilanjutkan lewat babak perpanjangan waktu. Kegigihan dan semangat Tim merah putih akhirnya mendapatkan hasil lewat tambahan gol dari Irfan Jauhar, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra.

rekor mengagumkan Indra Sjafri Berbagai sumber

foto: Twitter/@pssi

Sekali lagi, Indra Sjafri berhasil mempersembahkan gelar juara kepada Indonesia!