Brilio.net - Selama ini kita tahu bahwa pesebakbola Indonesia masih belum banyak yang menembus kancah dunia. Yup, menjadi pesebakbola dunia yang direkrut oleh klub-klub besar memang tidak mudah.

Tapi tahukah kamu kalau pemain sepak bola dunia yang berprestasi ternyata banyak yang memiliki keturunan Indonesia? Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya seperti yang sudah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Senin (9/5)

1. Michael Timisela

 

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: alchetron.com

Bek kanan keturunan Maluku ini sudah malang melintang di liga Belanda bersama Ajax dan VVV Venlo. Gaya bermainnya yang lugas dan cenderung lebih bertahan daripada menyerang membuat Michael menjadi sosok vital untuk VVV. Di awal tahun 2013 ini, Timisela ditransfer oleh salah satu klub divisi utama Swedia, Hammarby.

2. Nigel de Jong

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: skysports.com

Siapa yang tidak kenal dengan gelandang tengah yang membawa Belanda menjadi finalis Piala Dunia. Nigel juga membawa Manchester City menjadi juara Liga Inggris? Ya, Nigel de Jong yang kini bermain di LA Galaxy ini bisa disebut sebagai salah satu pemain keturunan Indonesia paling sukses di Eropa. Karirnya melejit sejak membela Ajax, dan hingga kini masih dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

3. Mark van Bommel

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: uefa.com

Mark van Bommel adalah salah satu pemain berdarah Indonesia yang berhasil menuai sukses di 4 klub besar Eropa yaitu PSV, Bayern Munich, Barcelona, dan AC Milan. Dikenal sebagai gelandang bertahan yang memiliki tendangan geledek, van Bommel kerap memberikan kejutan dengan gol-golnya di saat krusial.


4. Michael Mols

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: skysports.com

Michael Mols adalah mantan striker tim nasional Belanda yang pensiun pada tahun 2009.  Darah Indonesia Mols berasal dari keturunannya yang lahir di Maluku. Sebagai seorang striker, Mols berhasil menyarangkan 139 gol dari 455 penampilan.

5. Denny Landzaat

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: uefa.com

Pemain ini memiliki darah Maluku dari ibunya. Denny Landzaat yang juga baru saja gantung sepatu di tahun 2013 ini mungkin menjadi salah satu pemain keturunan Indonesia yang memiliki segudang pengalaman bermain di liga Belanda. Posisinya sebagai gelandang jangkar membuatnya memiliki karakter permainan yang hampir sama dengan Nigel de Jong dan Mark van Bommel.

6. John Heitinga

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: goal.com

Rata-rata pemain Belanda keturunan Indonesia memang memiliki gaya permainan keras dan tanpa kompromi. Setelah Nigel de Jong, Mark van Bommel, dan Denny Landzaat, masih ada John Heitinga yang juga dikenal sebagai 'batu karang' pertahanan tim. Dirinya bahkan pernah menjadi pemain terbaik Everton tahun 2012.

7. Radja Nainggolan

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: footballcolumnist.com

Gelandang muda ini baru saja melawat ke Indonesia dalam sebuah pertandingan persahabatan pada bulan Juni 2013. Nainggolan adalah warga negara Belgia yang memulai karirnya sebagai pesepakbola di Italia. Ia pertama kali masuk tim senior bersama Piacenza, dan namanya mulai dikenal sejak bergabung bersama Cagliari dan kini bermain untuk AS Roma.

8. Giovanni van Bronckhorst

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: dutchnews.nl

Darah Maluku kental melekat pada mantan kapten tim nasional Belanda ini. Wajahnya yang juga sangat Indonesia membuat kita yakin bahwa pemain ini memiliki darah keturunan Bumi Pertiwi. Ya, Giovanni van Bronckhorst yang pensiun pada tahun 2010 ini adalah salah satu pemain Belanda paling dihormati. Sepanjang karirnya bersama Feyenoord, Arsenal, dan Barcelona, ia menyumbangkan banyak gol-gol penting yang sangat indah.

9. Robin van Persie

pemain keturunan indonesia  © 2016 brilio.net foto: statsbomb.com

Siapa sih yang nggak kenal striker tangguh nan rupawan ini? Gol-golnya bersama Arsenal dan Manchester United membuatnya menjadi salah satu striker terbaik. Prestasi van Persie pun segudang, mulai dari dua kali gelar top skorer Liga Inggris hingga juara liga. Van Persie memiliki keturunan Indonesia dari kakeknya.