Brilio.net - Seorang ayah bisa menjadi inspirasi yabg baik untuk anak. Hal ini terjadi juga di dunia sepak bola. Kesuksesan sang ayah diteruskan kembali oleh anaknya ketika beranjak dewasa. Tidak jarang juga ayah dan anak bermain bersama di satu tim sebagai pelatih dan pemain. Dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (10/5), ini pasangan ayah dan anak yang sukses sebagai pemain sepak bola:

1. Danny dan Daley Blind

foto: fotolog.com

Danny Blind merupakan salah satu pemain tersukses Ajax Amsterdam. Bersama Ajax dia mengumpulkan 17 trofi juara. Bakat tersebut menurun pada putranya, Daley Blind.

Dia sudah mengumpuklan empat trofi untuk Ajax. Selain itu dia juga merupakan bagian dari skuat Belanda ketika mereka meraih posisi ketiga di Piala Dunia Brasil 2014. Sekarang Daley Blind bermain untuk Manchester United.

2. Miguel dan Pepe Reina

foto: sevilla.abc.es

Siapa sangka ternyata Pepe Reina memiliki seorang ayah yang juga mantan kiper Barcelona dan Atletico Madrid. Ia juga sudah meraih trofi Zamora, penghargaan untuk kiper terbaik Spanyol.

3. Mazinho, Thiago dan Rafinha Alcantara

foto: bola.net

Mazinho merupakan gelandang andalan Brazil ketika mereka menjuarai Piala Dunia Amerika Serikat 1994. Mazinho sempat bermain di Italia sebelum mengakhiri kariernya di Spanyol.

Kedua anaknya, Thiago Alcantara dan Rafinha Alcantara merupakan salah satu talenta terbaik saat ini. Thiago Alcantara yang merupakan jebolan La Masia diproyeksikan untuk menggantikan Xavi sebelum akhirnya pindah ke Bayern Munchen. Sedangkan sang adik, Rafinha sampai sekarang masih bermain di Barcelona.

4. Ian Wright dan Shaun Wright-Phllips

foto: london24.com

Ian Wright merupakan salah satu penyerang legendaris Inggris. Ia juga bersinar di tingkat klub dan menjadi legenda di Crystal Palace dan Arsenal. Ian Wright mengumpulkan lima trofi di Arsenal dengan mencetak 185 gol dari 279 penampilan.

Walaupun belum melegenda seperti ayah tirinya, Shaun sudah menorehkan prestasi yang cukup bagus dengan mencepak 47 gol dari 275 penampilan.

Keren ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


5. Harry dan Jamie Redknapp

foto: thesun.co.uk

Harry Redknapp tak pernah bermain untuk klub elit. Dia pernah membela West Ham United dan Bournemouth, tapi tak benar-benar sukses. Namun, Harry dinilai sebagai manajer yang bagus, daftar klub yang pernah ditanganinya terbilang banyak.

Sang anak, Jamie Redknapp, mungkin sedikit lebih baik kariernya sebagai pemain ketimbang Harry. Liverpool dan Tottenham Hotspur pernah dibelanya.

6. Johan dan Jordi Cruyff

foto: sport.es

Johan Cruyff disebut-sebut sebagai salah satu pemain terhebat yang pernah lahir di bumi. Dia dianggap legenda sepak bola Belanda, bahkan dunia.

Ketika nama besar Cruyff diwariskan kepada sang anak, Jordi, ekspektasi besar disematkan di pundaknya. Dirinya pernah membela klub besar seperti Barcelona dan Manchester United.

7. Peter dan Kasper Schmeichel

foto: talksport.com

Menjadi bagian penting ketika Timnas Denmark menjuarai Euro 1992, nama Peter Schmeichel tak tergantikan. Bersama Manchester United, Peter juga meraih treble winner pada 1999 lewat penampilan heroiknya.

Sang anak, Kasper, juga memilih karier sebagai penjaga gawang. Sempat memperkuat Manchester City, namanya justru menjulang belakangan ini usai performa mengesankan bersama Leicester City di Premier League.

8.  Cesare dan Paolo Maldini

foto: thesun.co.uk

Mereka berdua merupakan ayah dan anak yang paling sukses sebagai pemain bola. Cesare meraih empat trofi Serie A dan European Champion bersama AC Milan sebagai kapten. Sang anak, Paolo Maldini meraih trofi yang jauh lebih banyak dari sang ayah. Ia meraih 26 trofi selama 25 tahun kariernya bermain di AC Milan, dengan tujuh trofi Serie A dan lima kali juara Champions League.