1. Unggul 2 gol di babak pertama.

fakta final SEA Games Indonesia vs Malaysia © berbagai sumber

foto: Instagram/@pssi

Indonesia berhasil mengawali laga dengan baik. Ramadhan Sananta berhasil mencetak dua gol pada babak pertama pertandingan final Indonesia vs Thailand. Gol pertama Sananta membobol gawang lewat lemparan ke dalam oleh Alfeandra Dewangga pada menit ke-21. Lemparan jauh Rizky Ridho juga berhasil mengantarkan Indonesia mendapatkan skor 2-0 lewat tendangan Sananta.

2. Thailand buka harapan dengan gol di ujung laga.

fakta final SEA Games Indonesia vs Malaysia © berbagai sumber

foto: Instagram/@pssi

Thailand berhasil membobol gawang Indonesia lewat sundulan Anan Yodsangwal pada menit ke-65. Gol ini berhasil membawa harapan Timnas Thailand untuk menyamakan kedudukan skor pada babak tambahan waktu menjadi 2-2. Gol penyeimbang itu dicetak oleh Yotsakon.

3. Hujan kartu merah untuk pemain dan staf kedua tim.

fakta final SEA Games Indonesia vs Malaysia © berbagai sumber

foto: Instagram/@pssi

Laga final ini penuh drama lantaran terjadi keributan antara pemain dan staf dari kedua tim negara. Usai Irfan Jauhari sukses cetak gol untuk Indonesia, terjadi adu pukul di antara staf ofisial. Dalam insiden tersebut, Sumadji selaku manajer Timnas Indonesia terjatuh lantaran dipukul.

Keributan itu berujung dengan kartu merah untuk ofisial kedua tim. Wasit Ali Al Hatmi juga memberikan kartu merah kepada kiper Thailand Soponwit Rakyart dan bek Indonesia Komang Teguh.

Tidak hanya itu, bek Thailand Jonathan Khemdee diganjar kartu kuning kedua lantaran berbenturan dengan Rio Fahmi. Kartu merah tersebut membuat Thailand harus bermain dengan 9 pemain dengan Indonesia 10 pemain. Timnas Thailand kembali mendapatkan kartu merah untuk Theerasak.