×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta Firman Abdul Kholik, pebulutangkis muda yang lagi naik daun

View Image

0

BRILIO » Olahraga

5 Fakta Firman Abdul Kholik, pebulutangkis muda yang lagi naik daun

Dirinya adalah pebulutangkis bertangan kidal.

14 / 02 / 2018

Brilio.net - Kabar membanggakan datang dari tim putra bulutangkis Indonesia. Pasalnya mereka berhasil menyabet gelar juara pada Badminton Asia Team Championship 2018, Minggu (11/2). Mereka berhasil mengalahkan wakil China dengan skor 3-1 pada babak final yang diselenggarakan di Stadium Sultan Abdul Halim, Malaysia.

Satu nama yang menarik perhatian penggemar bulutangkis Indonesia ialah Firman Abdul Kholik. Firman sukses membawa tim putra ke babak final setelah comeback mengalahkan wakil Korea Selatan Lee Dong-keun. Pertandingan tersebut berjalan dramatis karena pria kelahiran 1997 ini berhasil membalik keadaan. Selain itu, protes-protes keras yang dilayangkan Lee membuat pertandingan semakin menarik.

Berkat aksinya tersebut, nama Firman sedang banyak dibicarakan oleh banyak pecinta bulutangkis Tanah Air. Bisa dibilang, nama atlet muda ini sedang naik daun.

Berikut ini 5 fakta tentang Firman Abdul Kholik yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/2).

1. Sumber motivasi Jonatan Cristie.

Loading...

firman abdul kholik © berbagai sumber-foto: Instagram/@badminton.indo1

Aksi militannya saat di semi final mengalahkan Lee Dong-keun ternyata memberikan motivasi kepada rekan-rekan lainnya. Jonatan Cristie yang juga ikut berjuang pada kejuaraan tersebut blak-blakan mengungkapkan Firmanlah yang memotivasi permainannya pada babak final.

2. Atlet bertangan kidal.

firman abdul kholik © berbagai sumber-foto: Instagram/@jacque_arief

Pebulutangkis bertangan kidal memang lebih sedikit ketimbang pengguna tangan kanan. Khususnya di Indonesia, atlet bertangan kidal jarang dijumpai. Pria asal Banjar, Jawa Barat ini menjadi salah satu pebulutangkis pengguna tangan kiri. Firman melengkapi daftar pebulutangkis kidal Indonesia lainnya seperti Flandy Limpele dan Mychelle Christine Bandoso.

3. Peringkat ke-82 dunia.

firman abdul kholik © berbagai sumber-foto: Instagram/@indobadmintons

Di usianya yang menginjak 20 tahun, Firman telah berhasil menembus peringkat 100 besar dunia. Saat ini, ia menempati peringkat ke-82 dunia BWF. Progresnya dalam satu tahun terakhir juga mengalami perkembangan yang pesat. Dalam lima bulan ia berhasil menaiki tangga peringkat dari 131 ke 82 dunia.

4. Mulai masuk level senior sejak tahun 2015.

firman abdul kholik © berbagai sumber-foto: badmintonindonesia.org

Setelah meniti karier di level junior sejak tahun 2013. Firman yang akrab dipanggil Imen ini mulai berkesempatan masuk level senior pada tahun 2015. Ia mulai di kejuaran Piala Sudirman dan menyumbang medali perunggu untuk tim putra Indonesia.

5. Medali emas pertama diraih di ajang SEA Games 2015.

firman abdul kholik © berbagai sumber-foto: Instagram/@indobadmintons

Meski belum berbicara banyak pada tunggal putra. Sebelum ajang Badminton Asia Team Championship 2018 ini, ia juga sempat menyumbangkan medali emas untuk tim putra pada gelaran SEA Games 2015 di Singapura. Itu adalah raihan medali emas pertamanya di ajang internasional.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    22%

  • Sedih

    11%

  • Marah

    22%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more