Brilio.net - Menjadi pesepak bola di Indonesia dapat memberikan kesempatan untuk menjajal banyak klub dari berbagai kota. Tak hanya di negara sendiri, peluang ke negara tetangga pun sebenarnya terbuka lebar.

Memang perpindahan dari satu klub ke klub lainnya tidak lantas membuat karier melejit. Ada yang dikontrak klub besar namun kerap menjadi lapis kedua.

Ada pula yang justru nahas harus menjalani istirahat panjang karena mengalami cedera. Ada pula yang mampu mengangkat pamor klub yang tengah terpuruk.

Pemain Tanah Air pun tak sedikit yang mendapat kesempatan merumput di klub-klub luar negeri. Terlebih ketika masa-masa tidak stabil kepengurusan PSSI yang berdampak pada para pemain maupun offisial.

Ada sejumlah nama yang pernah diisukan akan ditarik oleh klub-klub Thailand. Misalnya pada 2012 Gunawan Dwi Cahyo, Hamka Hamzah, Patrich Wanggai, dan Titus Bonai.

Loading...

Hal tersebut dikonfirmasi oleh salah satu agen pemain dan pelatih Indonesia yang telah memiliki lisensi agen FIFA Eddy Syahputra, seperti yang dikutip dari Soccer News Update.

Ada pula Raphael Maitimo, Ahmad Jufriyanto, dan Ferdinan Sinaga yang juga mengincar kompetisi Liga Thailand untuk berkarier pada pertengahan 2015 lalu, seperti dikutip dari Achmad Suwefi.

Terlepas dari sejumlah isu tersebut, faktanya ada beberapa pemain Indonesia yang benar-benar bermain di klub Thailand. Berikut nama-namanya yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (14/12).

1. Greg Nwokolo (BEC Tero Sasana)

main thai  -foto: wikiwand

Pemain kelahiran Nigeria ynag dicintai Jakmania ini bermain untuk BEC Tero Sasana di kompetisi Thai Premier League (TPL) 2015. Greg telah mendapat kewarganegaraan Indonesia sejak 10 Oktober 2011.

Debutnya di Timnas Indonesia adalah pada kualifikasi AFC Asian Cup 2015 melawan Saudi Arabia pada 23 Maret 2013. Selama bermain di tahun 2015–2016, Greg bermain 19 kali dan menyumbang 5 gol.

2. Sergio van Dijk (Suphanburi)

main thai  -foto: Alchetron

Nama Sergio van Dijk sangat melekat dengan Persib Bandung. Pemain kelahiran Belanda 30 Juni 2014 ini menandatangani kontrak berdurasi dua tahun untuk salah satu klub di Thai Premier League, Suphanburi.

Dia bermain 40 kali dan berhasil menyumbang 9 gol. Dijk telah menjadi warga negara Indonesia sejak 19 Juli 2010. Debutnya di timnas adalah saat laga kualifikasi AFC Asian Cup 2015 melawan Saudi Arabia 23 Maret 2013. Indonesia adalah tempat asal kakeknya.

3. Victor Igbonefo (Osotspa)

main thai  -foto: wearemania.net

Pemain kelahiran Nigeria ini bergabung dengan klub Osotspa Samut Prakan, Thailand pada pertengahan musim 2015 dengan status pinjaman dari Arema Cronus. Victor total hanya bermain delapan kali hingga akhir musim karena mengalami cedera.

Selama merumput di liga Thailand, ia mendapatkan empat kartu kuning dan satu kartu merah. Victor telah menjadi pemain naturalisasi Indonesia sejak 10 Oktober 2011 silam.