Brilio.net - Biasanya, mantan pemain sepak bola akan tetap berprofesi di dunia olahraga setelah mereka pensiun. Seperti halnya menjadi pelatih atau pun pengurus klub. Namun, ternyata ada pula para pensiunan pesepak bola yang memilih banting stir dengan berkarier di dunia politik.

Terjunnya para mantan pemain sepak bola ke dunia politik biasanya diikuti dengan bergabungnya mereka ke partai politik. Setelah menjadi anggota partai politik, mereka sering mencalonkan diri untuk dapat menduduki jabatan negara seperti anggota parlemen bahkan presiden.

Meski beberapa gagal, namun tak sedikit pula mantan pesepak bola yang sukses terjun ke dunia politik dan menjadi pejabat negara. Popularitas mereka sewaktu berprofesi sebagai pemain sepak bola disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang membuat mereka terpilih.

Siapa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (27/9), berikut 10 eks pesepak bola yang sukses jadi pejabat negara.

1. Kamasan Jack Komboy.

Loading...

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: bola.com

Saat masih aktif bermain, Jack Komboy dikenal sebagai bek tengah Persipura Jayapura. Ia kemudian memutuskan untuk gantung sepatu pada 2009.

Jack Komboy terjun ke politik dan bergabung dengan Partai Hanura. Di Pemilu 2009, ia langsung mencalonkan diri jadi anggota DPRD Papua. Karier politiknya berjalan mulus, Jack Komboy bahkan terpilih selama dua periode dan sempat menjabat sebagai Ketua Komisi V DPRD Papua.

2. Heri Rafni Kotari.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: bola.com

Heri Rafni Kotari ialah mantan gelandang klub Bandung Raya. Usai pensiun, ia sempat menjadi pelatih klub lokal PSGC Ciamis. Heri kemudian terjun ke politik dengan bergabung bersama Partai Golkar. Nasib baik berpihak padanya, ia terpilih jadi anggota DPRD Kabupaten Ciamis. Di tengah aktivitasnya sebagai wakil rakyat, Heri bahkan masih sempat melatih PSGC Ciamis.

3. Aris Budi Prasetyo.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: bola.com

Namanya mungkin jarang terdengar di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Aris Budi Prasetyo populer pada 2002 usai membawa Petrokimia Putra jadi juara Divisi Utama. Namun, cedera lutut memaksa Aris untuk pensiun dini.

Aris kemudian terjun ke dunia politik dengan bergabung bersam Partai Amanat Nasional. Kariernya di bidang politik naik setelah terpilih jadi anggota DPRD Kota Pasuruan pada 2009. Di Pemilu 2014, ia kembali mencalonkan diri.

4. Pele.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: Instagram/@pele

Tak hanya di Indonesia, mantan pesepak bola yang terjun di dunia politik juga ditemui di negara lain. Legenda sepak bola dunia asal Brasil Pele populer usai mengantarkan negaranya meraih tiga gelar Piala Dunia. Pele pernah berkarier di dunia politik usai pensiun. Berbeda dengan kebanyakan mantan pesepak bola yang mencalonkan diri, Pele ditunjuk langsung Presiden Brasil sebagai menteri olahraga luar biasa pada 1995 silam.

5. Zico.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: footballhistory.org

Selain Pele, mantan pemain Timnas Brasil yang pernah menjadi pejabat negara yakni Zico. Pada 1990, Zico ditunjuk sebagai Menteri Olahraga.

Sebagai Menteri Olahraga, Zico memiliki banyak inovasi untuk pengembangan sepak bola Brasil. Namun, jabatannya hanya berlangsung kurang lebih setahun karena kurangnya dukungan dari parlemen.

6. George Weah.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: independent.co.uk

Mantan bintang AC Milan George Weah punya catatan panjang dalam karier politiknya usai gantung sepatu. Peraih gelar pemain terbaik di dunia tahun 1995 itu terbilang harus jatuh bangun di politik. Pada 2005, ia mencalonkan diri sebagai Presiden Liberia namun gagal.

Weah akhirnya melenggang sebagai senat dari Partai Demokrat pada 2014. Kariernya di bidang politik semakin sukses setelah Weah terpilih menjadi Presiden Liberia pada Januari 2018 lalu.

7. Grzegorz Lato.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: dziennik.pl

Grzegorz Lato ialah mantan pemain Timnas Polandia yang pernah meraih gelar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1974. Usai gantung sepatu, Lato terjun ke dunia politik pada 2001 sebagai senator dari Partai Demokrat. Setelah jadi senator, Lato juga pernah menjabat sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Polandia.

8. Hakan Sukur.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: birgun.net

Legenda Timnas Turki, Hakan Sukur terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota parlemen pada 2011 lalu. Hakan Sukur kemudian mengundurkan diri dari partai sekitar dua setengah tahun kemudian, namun ia tetap menjadi anggota parlemen sebagai independen.

9. Titi Camara.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: Twitter/@titi_camara

Mantan pemain Liverpool asal Guinea, Titi Camara pensiun dari sepak bola pada pertengahan 2000-an. Setelah menjabat sebagai direktur teknik tim nasional Guinea tahun 2009, Camara diangkat sebagai Menteri Olahraga Guinea. Jabatannya tersebut ia jalani hingga tahun 2012.

10. Romario.

mantan pesepak bola pejabat Istimewa

foto: backofthenew.fandom.com

Legenda Timnas Brasil Romario mengawali karier politik usai pensiun sebagai anggota Partai Sosialis Brasil. Mantan pemain Barcelona itu kemudian terpilih dalam Dewan Deputi Majelis Rendah Brasil pada 2010. Dengan jabatannya itu, Romario berhasil melobi Brasil agar dapat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014.