Ajaibnya, grendel pintu tersebut benar-benar bisa menjadi pengganti kunci motor sekaligus tombol starter motor nih. Diunggah oleh akun TikTok @r_ulukyanan21, tampak sepeda motor berwarna hitam memiliki grendel pintu sebagai salah satu komponennya. Grendel pintu ini biasa dipakai untuk mengunci pintu, eh malah dipakai sebagai tombol starter motor nih.

Cara kerja grendel pintu tersebut cukup dengan mengaitkannya, lalu motor bakalan menyala otomatis. Ujung slot pengunci dihubungkan dengan kabel starter motor, sehingga saat dua kabel saling bersentuhan, motor akan otomatis menyala. Cara ini sangat unik dibanding harus menyatukan kabel secara manual setiap kali menyalakan motor.

Dengan bantuan grendel pintu, dua ujung kabel bisa saling bertemu dalam sekali slot saja. Sangat memudahkan buat pengguna motor yang slot kunci atau tombol starternya rusak nih. Eh, tapi kayaknya sih trik ini bikin motor jadi nggak aman dari pencurian ya. Soalnya, motornya bisa dengan mudah dinyalakan oleh siapa saja yang tahu triknya.

penemuan starter motor diganti grendel pintu © berbagai sumber foto: TikTok/@r_ulukyanan21

Tapi walaupun agak nyeleneh kreativitas pria ini sih bisa diacungi jempol. Kayaknya mekanik motor pun bisa dibikin geleng kepala kalau melihat kreativitas orang waktu kepepet ini. Warganet pun nggak kalah dibikin tepuk jidat sama penemuan kreatif warga +62 yang satu ini.

"engineer jepang geleng geleng liat penemuan terbarukan ini," ungkap akun @Bagus Yusron.

"cuma di indonesiaa penemuan kunci motor pake kunci pintu," komentar akun @HRA.

"super kreatif..menanggis produsen motor..." tutur akun @mahran.spd.

"saya sebagai lulusan otomotif saya mengucapkan "diluar nalar"," ujar akun @rafto_02.

@r_ulukyanan21

ide kreatif ini

suara asli - Amerauke Serikat