Brilio.net - Ide kreatif manusia memang tak pernah bisa dibendung. Dalam berbagai bidang selalu saja ada inovasi kreatif yang muncul dan memberikan manfaat pada kehidupan sehari-hari.

Salah satunya ada pada bidang konstruksi seperti membuat rumah, pagar, sampai pintu gerbangnya. Nggak jarang para tukang ini selalu menyelipkan hal-hal detail yang unik ketika diperhatikan. Ide nya yang terkesan nyeleneh ini pun direkam dan dibagikan di media sosial sehingga mendapat banyak sorotan warganet.

Misalnya pada video yang diunggah akun @unconditionaldesign berikut ini. Dilansir brilio.net, Kamis (7/6), unggahan video ini memperlihatkan penampakan kunci pintu gerbang yang unik dari pada yang lainnya.

kunci gerbang pakai seat belt mobil Instagram

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Jika biasanya kunci gerbang menggunakan grendel, kunci slot, serta gembok, kali ini sepertinya si pemilik pintu gerbang ini sedang melakukan terobosan baru dalam dunia keamanan.

Kunci pintu gerbang ini memanfaatkan bekas ceklekan atau pengait sabuk pengaman mobil. Cara ini mungkin nggak semua orang kepikiran.

Dalam video diperlihatkan, pada ujung daun pintu dipasang besi sabuk pengaman mobil yang menempel pada daun pintu karena sudah dilas.

kunci gerbang pakai seat belt mobil Instagram

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Selanjutnya, lubang pengait sabuk pengaman ini dipasang menempel di tembok searah dengan besi pengait tersebut. Sehingga ketika besi dan lubang ini bertemu, akan bunyi 'ceklek' tanda besi tersebut sudah menait di dalam lubangnya.

Pintu pun terkunci dengan baik dan tak bisa dibuka kecuali memencet tombol merah pada bagian atas lubang pengait tersebut.

kunci gerbang pakai seat belt mobil Instagram

foto: Instagram/@unconditionaldesign

Melihat video singkat ini, warganet menuliskan berbagai komentarnya dengan berbagai respon. Kebanyakan memuji cara mengunci si pemilik gerbang ini dengan pernyataan out of the box dan luar biasa.

Namun ada pula yang menyebut kalau ide ini kreatif tapi maling senang karena cara membuka kunci gerbang ini sangat mudah.

"Luar biasa. Nggak kepikiran," kata akun @tjihkentar.

"Kalo lupa di-ceklekin apa bakal bunyi 'tinit tinit' juga kak? Hahaha," tulis akun @elangfarizka.

"Ini kreatifnya keren banget, tapi maling auto nyengir melihat ini," kata akun @juan.senja.ya.

"Definisi video receh tapi berkesan," tulis akun @hendigusnadi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UnconditionalDesign (@unconditionaldesign)