Brilio.net - Tak dapat dipungkiri properti menjadi salah satu kebutuhan yang dilirik oleh anak muda, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Namun dari jumlah populasi milenial sebanyak 34 persen, lebih dari dua pertiganya adalah lajang, dan 33 persennya berniat untuk keluar dari rumah orangtuanya.

Walaupun ingin tinggal secara mandiri, status lajang membuat kaum milenial ini mengesampingkan niat untuk membeli rumah. Membeli rumah memang keputusan yang baik khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga, dan menjadi salah satu pencapaian utama dalam hidup.

Namun bagi banyak milenial, menyewa apartemen sudah menjadi gaya hidup. Survei dari Rent.com menyebutkan, 1.000 penyewa usia 18-34 tahun mendapati bahwa hampir 8 dari 10 orang tidak berencana membeli rumah.

Berikut alasan generasi milenial lebih memilih sewa apartemen dibanding membeli rumah seperti dilansir brilio.net dari siaran pers Flokq.com yang brilio.net terima, Kamis (19/3).

1. Sesuai budget

Harga rumah yang terus naik membuat cicilan bulanannya meningkat. Jika ingin cicilan yang lebih ringan, risikonya tenor pinjamannya menjadi lebih panjang. Dengan menyewa apartemen, mereka bisa memilih sewa bulanan sesuai budget.

2. Tidak terikat cicilan bank

Cicilan di kantor atau di bank membuat mereka terikat. Padahal, kaum milenial cenderung hanya bertahan dua atau tiga tahun saja di kantor yang sama. Apabila terikat dengan cicilan di kantor, mereka terpaksa melepaskan peluang pekerjaan impian di perusahaan lain.

3. Lokasi strategis

Dengan menyewa apartemen, para milenial bisa memilih lokasi dekat kantor, yang tentunya akan menghemat tenaga, waktu, dan uang. Tinggal di tempat kos premium mungkin juga menjadi pilihan yang bagus, tetapi dengan fasilitas yang tidak selengkap di apartemen. Selain itu pemilik rumah umumnya memberikan sejumlah aturan dan batasan.

4. Pindah kapan saja

Jika menyewa apartemen, mereka bisa pindah ke tempat lain ketika sudah bosan atau menemukan tempat baru yang lebih baik. Bayangkan pula bila rumah yang mereka beli ternyata berada di kawasan berpotensi banjir seperti sekarang.

5. Tak mau repot

Generasi milenial memang dikenal sebagai generasi yang tidak mau ribet. Contohnya atap bocor, keran mampet, ruangan berantakan selepas acara makan-makan, mereka tinggal mengontak pengelola apartemen. Bagi milenial yang waktunya sudah tersita untuk pekerjaan, mendapati rumah sudah dalam kondisi beres akan sangat membantu.