Brilio.net - Sekelompok anak-anak berusaha menerbangkan layang-layang. Mereka bekerja sama karena terlihat angin begitu kencang. Memerlukan beberapa anak untuk memastikan talinya aman agar layang-layang dapat mengudara.

Tetapi yang terjadi kemudian malah bikin ketawa. Salah satu anak malahan ikut terbawa terbang beberapa saat oleh layang-layang tersebut. Insiden ini diabadikan oleh akun Facebook Nuna Vhekok, yang kemudian mengundang respons netizen membagikannya. Tercatat sudah 48 ribu lebih saat brilio.net mengutipnya, Selasa (5/1).

Layangane mumbol saak wongeeeJehhh kaku wetengku masss

Posted by Nuna Vhekok on Sunday, January 3, 2016


Pertanyaan kemudian, kenapa anak tersebut bisa terbang? Dari sejumlah literatur mengungkap, anak tersebut bisa terbawa terbang oleh layang-layang karena adanya gaya angkat.  Gaya angkat ini diperoleh dari adanya perubahan kecepatan udara yang yang menentang layang-layang.

Ketika angin yang berhembus dengan kecepatan v terhalang oleh bidang diam (misalnya permukaan layang-layang) maka akan terjadi energi kinetik sebesar (1/2) mv^2 yang mengangkat layangan di mana m adalah massa udara yang berhembus. Jadi syarat agar layang-layang dapat terbang di angkasa adalah adanya angin yeng berhembus dan tali/benang yang dapat membuat layang-layang bertahan ditempatnya.

Jika tak ada angin tak akan terjadi gaya angkat aerodinamik, atau jika benangnya putus, layang-layang tak mungkin "terbang" melainkan melayang mengikuti arah angin untuk kemudian jatuh ke bumi akibat adanya gaya tarik bumi yang melebihi gaya angkat aerodinamis.