Brilio.net - Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Kamu pasti sering mendengar pepatah tersebut, kan? Maknanya adalah bahwa setiap daerah itu punya adat dan kebiasaan masing-masing. Seperti Indonesia, jelas memiliki adat dan kebiasaan berbeda dengan negara lain. Bahkan di Indonesia sendiri, yang terdiri dari banyak budaya, pasti beda-beda adat dan kebiasaannya.

Namun, ada benang merah yang bisa ditarik dari keberagaman Tanah Air. Seperti 13 kebiasaan berikut ini, Sobat Brilio. Kamu nyadar nggak sih, kebiasaan-kebiasaan berikut ini deket sama kamu atau dikenal cuma ada di Indonesia? Terus bagi wisatawan asing, kebiasaan ini juga bikin mereka melongo.

Andai kata kebiasaan-kebiasaan ini jadi sticker aplikasi messenger seperti LINE, cocok nggak ya kira-kira? Cek langsung di bawah ini, yuk, Sabtu (19/11).

1. Makan cabe rawit mentah-mentah.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto:awanulhamzah.blogspot.co.id

Kurang berani apa coba, cabe rawit pedesnya amit-amit dijadikan pasangan makan gorengan, nasi goreng, mie goreng, dan sebagainya? Nikmat banget sih, ya?

2. Makan pakai tangan.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: hinduhumanrights.info

Kamu pasti pernah mendengar bahwa alat makan seperti sendok dan garpu adalah budaya dari luar Indonesia. Dulu, orang Indonesia makan dengan tangan langsung atau pakai perantara alat makan berupa daun pisang yang ditekuk mirip sendok.

Nah, uniknya sampai sekarang makan menggunakan tangan langsung masih berlaku. Soalnya selain udah jadi kebiasaan mendarah daging dari orang tua, rasanya juga asyik dan terkesan merakyat, kan?

3. Sakit masuk angin.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: disiniajatempatnya.com

Jenis sakit apaan, ya? Angin bisa masuk ke tubuh kita begitu aja? Pokoknya kalau gejalanya sering sendawa, perut kembung, merasa kedinginan, mual dan mulas, ngantuk, disertai sering kentut, wah... langsung deh, disebut masuk angin.

4. Mandi sehari 2 kali.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: bloggerbanua.com

Bagi orang bule yang berasal dari negara empat musim, kebiasaan mandi dua kali sehari orang Indonesia bisa aja dianggap aneh. Dua kali dalam sehari itu terlalu sering. Namun kalau mereka merasakan sendiri hidup di Indonesia, yang musimnya cuma dua, apalagi musim panas, rasanya gerah banget dan maunya mandi terus biar seger.

Lain cerita memang kalau di negara-negara empat musim yang cuacanya hampir selalu dingin. Bikin orang nggak banyak berkeringat sehingga kalaupun nggak mandi nggak ngerasa lengket dan bau badan.

5. Masih di bangku Taman Kanak-kanak atau TK udah punya HP.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: radioedukasi.kemdikbud.go.id

Seiring berkembangnya zaman, semakin ke sini banyak banget pengguna smartphone atau handphone (HP) dari anak-anak sampai orang tua. Padahal dulu, anak sekolah pegang HP sendiri ketika di bangku SMP guna kontrol dari orangtuanya untuk antar-jemput.

Sekarang, anak SD bahkan TK udah dipegangin HP ke sekolah, Sob! Bahkan pengoperasian HP aja lebih lihai mereka ketimbang orangtuanya. Nggak heran juga sih, karena generasi sekarang belum sekolah aja udah diajarin main HP. Betul nggak?

6. Udah gede masih tinggal sama orangtua.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: srifaw.blogspot.co.id

Kebanyakan anak Indonesia yang udah beranjak dewasa masih tinggal serumah sama orangtuanya. Bahkan ketika sudah berumah tangga, masih ada yang seatap dengan orangtua. Kebiasaan ini seakan turun-temurun soalnya memang ada anggapan bahwa berkumpul keluarga itu baik.

Padahal kalau di Jepang, usia SMA udah cari duit sendiri dengan kerja part time. Terus lulus SMA udah keluar dari rumah. Itu artinya, tinggal sendiri dan mengupayakan uang tambahan di luar pemberian orangtua dengan jerih payah sendiri. Tujuannya yakni menempa pribadi bersangkutan lebih tahan banting dan mandiri di tengah masyarakat.

Memang sih, di Indonesia ada pula budaya merantau tapi nggak jarang juga anak yang masih tinggal bersama orangtuanya meskipun sudah mapan. Dan, semua itu pilihan dari pribadi dan keluarga masing-masing.

7. Kesurupan.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: merdeka.com

Wah, ini...kesurupan di Indonesia sendiri agak sulit diketahui sebab musababnya. Ada yang bilang karena kelelahan, dari sisi mistis dibilang kerasukan setan, dan sebagainya. Namun bagi orang luar negeri, terlebih yang sehari-hari berpikiran rasional, rasanya nggak masuk akal ada fenomena ini. Padahal di Indonesia, kesurupan familiar banget kan, ya?

Kalau jadi sticker LINE, cocoknya pose kesurupan gimana dan dirasuki siapa ya, Sob? Eh! Serem juga ya... hiiii.

8. Jam karet.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

gif: tenor.co

Eits, ini bukan jam dalam arti sebenarnya yang terbuat dari karet, lho. Jam karet adalah kiasan untuk kamu yang suka ngaret alias telat. Nah, lho... kebiasaan yang (dianggap) lumrah banget, kan? Janjinya jam 10 tapi datengnya 10.15 dan banyak kejadian serupa. Kamu ngalamin juga, kan? Atau kamu pelakunya? Ups!

9. Kerokan.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: aditmujeck.blogspot.co.id

Kerokan ini masih ada kaitannya sama sakit masuk angin tadi, Sob. Kalau masuk angin, salah satu jalan nyembuhin bisa dengan kerokan.

Kerokan yang memanfaatkan minyak angin atau balsem dan uang koin terus digosok di punggung atau pundak ini dipercaya bisa mengeluarkan angin yang tertahan di dalam tubuh. Dengan begitu, segala gejala masuk angin jadi berkurang, deh. Hayooo... kamu sering kerokan, ya?

10. Belum makan namanya kalau belum makan nasi.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: pixabay.com

Makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia adalah beras yang diolah menjadi nasi. Maka dari itu, seakan kebiasaan banget kalau belum makan makanan pokok ini, disebut belum makan. Makanan lain yang berkarbohidrat seperti mi atau ubi-ubian sekalipun, tetap dianggap bukan makanan pokok. Kamu gini nggak, Sob?

11. "Bisa dikondisikan nggak?"

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: Istimewa

Nah, ini kata-kata andalan kalau lagi kepepet. Misalnya ketilang polisi, nego sama polisi. Eh, ini jangan ditiru, ya. Nggak bagus, lho. Atau semisal kamu lagi punya utang sama temen, temen nagih terus kamu nawar deh "Bisa dikondisikan nggak? Lagi belum dikirim, nih. Tiga hari lagi, deh." Kelakuan siapa, nih? Hohoho.

12. Tisu makan atau tisu toilet?

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: Istimewa

Kita orang Indonesia udah biasa ya ngelihat tisu gulung yang seharusnya di toilet ada di meja makan. Bukan cuma di warung-warung pinggir jalan, restoran agak gede atau wah juga ada, eh. Atau jangan-jangan di rumahmu juga, Sob?

Wah, kalau para bule tahu, mereka bisa tercengang melotot! Kalau nggak di Indonesia, di mana mereka nemuin begini, ya? Hehehe.

13. Punya hobi kreatif bikin singkatan apapun.
Saking kreatifnya orang Indonesia, banyak karya-karya kreatif dan lucu yang lahir. Apalagi zaman media sosial dan meme seperti sekarang, duh... tiap ada kasus apa langsung heboh bikin meme. Bahkan isi meme itu ada singkatan-singkatan gokil. Nih, contohnya:

1. Kaum jomblo pada bilang 'Amin', nih.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: jancok.com

2. Aduh, sakitnya nggak nahan ini, mah...

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: .lucu.me

3. Yailah... gombal amat yak.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: Istimewa

4. Kyaaa... bikin lemes cewek-cewek, ya? Kalau aktor Indonesia jadi sticker LINE begini, siapa yang cocok? Joe Taslim? Eh! Hohoho.

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: Istimewa

5. Halalin, Bang! Hohoho...

kebiasaan unik untuk sticker Istimewa

foto: fotohumor.net

Mau ikutan kreatif, Sob? Yuk, ah dateng ke LINE CREATIVATE 2016 yang digelar 18-20 November 2016 di Mall Gandaria City, Jakarta buat nambah wawasan kreativitas kamu. Soalnya di sini bakal ada showcase hasil karya kreator sticker LINE, lho. Siapa tahu kamu terinspirasi bikin sticker lucu dan kreatif suatu hari, kan? Info lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

Nah, dari sekian kebiasaan di atas, mana yang pernah kamu lakuin? Hayooo...