Brilio.net - Jogja, kota pelajar ini memang penuh dengan berbagai macam komunitas unik. Mulai dari komunitas yang terbentuk karena kesamaan hobi, tujuan sosial, hingga kesamaan visi dan misi. Salam satunya adalah Komunitas Young On Top atau biasa disingkat YOT, yaitu sebuah komunitas yang tujuannya adalah memotivasi agar dapat meraih kesuksesan di usia muda. Moto mereka adalah, jika kesuksesan dapat diraih di masa muda mengapa harus menunggu sampai tua.

Komunitas Young On Top Jogja ini memang belum lama berdiri yaitu sejak tahun 2012 yang lalu. Awal pembentukannya adalah terinspirasi dari sebuah buku dengan judul yang sama. Kegiatannya tentu saja seputar pembentukan diri agar menjadi menjadi orang sukses dalam usia muda. Selain itu YOT juga telah melakukan banyak pengabdian kepada masyarakat.

"Jadi sebagian besar anggotanya adalah mahasiswa dari berbagai universitas, juga banyak entrepreneur muda," ujar Rio Fendianto, salah satu anggota komunitas YOT.

Young On Top, komunitas memotivasi agar sukses di usia muda

Keanggotaan dalam komunitas ini pun disusun secara matang dan terstruktur layaknya sebuah organisasi. Dalam susunan anggota terdapat beberapa divisi, yaitu Divisi Green, Divisi Katalis, Divisi Energi dan Kesehatan serta Divisi Media.

Loading...

"Divisi Green ini bergerak di bidang lingkungan, Divisi Katalis bergerak di bidang pendidikan, dan Divisi Energi dan Kesehatan khusus menangani masalah kesehatan," lanjut Rio.

Ketiga divisi tersebut kemudian ditopang oleh Divisi Media dan public relation yang tugasnya menyebarkan segala agenda kegiatan YOT.

Young On Top, komunitas memotivasi agar sukses di usia muda

Contoh kegiatan yang sudah dilaksanakan mereka antara lain adalah pembuatan biopori dan penanaman bakau, mengadakan Youth Class yaitu diskusi seputar pendidikan serta mengajar anak-anak jalanan yang tidak bisa bersekolah.

"Kita juga sering mengadakan talkshow, salah satunya mengusung tema 'Menggali Potensi Diri'," ujar Rio.

Dalam melakukan atau melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja dibutuhkan dana yang memadai. Para anggota komunitas Young On Top mengutamakan prinsip Zero Cost, artinya sebisa mungkin tidak ada uang yang dikeluarkan untuk menyelenggarakan suatu acara. Biasanya dana yang didapatkan untuk melaksanakan kegiatan tertentu didapatkan dari sponsor-sponsor dengan mengajukan proposal.

Atas prestasi komunitas tersebut pernah mendapatkan penghargaan nasional sebagai komunitas yang aktif serta banyak memberi kontribusi bagi masyarakat sekitar. YOT Yogyakarta ini dianggap sudah menjadi role model kaum muda.

Young On Top, komunitas memotivasi agar sukses di usia muda

YOT Yogyakarta juga sering diundang untuk mengisi acara, contohnya seperti seminar. Seperti yang tertulis dalam visi mereka yaitu ‘Menjadi Role Model untuk Pemuda Meraih Kesuksesan’ dan juga misi mereka yaitu ‘Learn and Share’,  mereka diundang untuk memberikan inspirasi bagi kaum muda agar bisa menyadari masalah-masalah yang ada disekitarnya. Mereka diajak untuk peka memahami situasi dan kondisi yang ada.

Selain itu, mereka mengajak kaum muda untuk dapat sukses di usia muda tanpa harus membuang-buang waktu. Kesuksesan dapat diraih bila kita selalu mau berusaha tanpa mengenal kata putus asa.