Brilio.net -

Teater berdurasi 10 menit dengan 3 pemain di Auditorium KH. Abd. Kahar Muzakir Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis sore (20/8) itu berhasil menyita perhatian penonton. Dua tokoh berkostum setan dan seorang anak kecil berjilbab memainkan peran di panggung itu.

Dikisahkan ada sosok setan yang diharuskan untuk mengganggu anak kecil itu oleh setan yang lebih senior. Apa daya, dia sudah berusaha untuk terus menggagu tapi selalu gagal. Mulai dari saat makan, masuk rumah, hingga saat tidur, setan itu selalu gagal. Begitulah drama itu berjalan hingga akhir cerita setan itu tetap gagal mengganggu anak kecil karena da selalu berdoa sebelum melakukan setiap aktivitas.

Teater yang bercerita khas anak-anak itu berhasil menyita perhatian penonton yang hadir. Siapa sangka satu dari tiga pemain itu adalah robot. Ya, setan yang memerintah setan lainnya itu adalah robot bukan manusia. Ya, sore itu di KH. Abd. Kahar Muzakir UII sedang berlangsung kompetisi International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) 2015 untuk kategori Teater Robot.

Teater Robot menjadi salah satu kategori paling ditunggu.  Penonton ingin melihat secara dekat bagaimana sebuah robot ikut ambil peran dalam sebuah pementasan. Yudi Triwibowo (34), ketua panitia IISRO 2015 menerangkan jika dalam kategori Teater Robot disyaratkan minimal satu robot ikut ambil bagian dalam drama yang diperankan kelompok sekolah.

Loading...

"Ada 9 kelompok junior dan 10 kelompok senior yang ikut kategori ini," terangnya kepada brilio.net, Kamis (20/8). Robot yang diikutkan dalam pementasan didesain sesuai karakter yang dimainkan.  Ada yang dipasang boneka hingga didandani layaknya hantu. Suara para pemain sebelumnya telah direkam, termasuk suara robot  yang diisi oleh suara orang. Robot yang ada di atas panggung digerakkan dengan remote control di luar panggung.

Kehadiran robot dalam panggung itu memberikan suguhan yang berbeda dibandingkan dengan pementasan teater lainnya. Meskipun perannya sangat terbatas, robot menjadi peran yang ditunggu. Para penonton terlihat begitu penasaran dengan peran yang akan dimainkan oleh robot itu.