Brilio.net - Sebuah video yang menunjukkan sebuah pemakaman tiba-tiba menyemburkan lumpur disertai api membuat heboh Malaysia, Rabu (22/4). Ramai dikabarkan dan menjadi viral bahwa peristiwa itu terjadi di Kuburan Cina Batu Pahat di Johor. Hingga hari ini, video itu terus menyebar dan menjadi ramai di Malaysia.

Setelah menjadi ramai, polisi setempat sampai melakukan penyelidikan. Hasilnya, isi dalam video itu bukanlah peristiwa di Malaysia.

“Sebuah penyelidikan yang dilakukan di beberapa kuburan Cina di daerah Batu Pahat ternyata tidak dapat menemukan dimana lokasi pasti terjadinya kejadian tersebut,” ucap Datin Asmawati Ahmad yang merupakan petugas kepolisian daerah Bukit Aman dikutip Malaysia Chronicel, Rabu (22/4).

Pihak kepolisian menjelaskan kejadian seperti ini sebenarnya terjadi di negara lain.

“Kejadian ini ada di Pingtung, Taiwan, di mana sebuah gunung api menyemburkan lumpur disertai gas alam yang biasanya dapat terjadi 2 kali dalam setahun,” jelasnya.

Loading...

VIDEO: Kontroversi kuburan dengan lumpur bergolak dan nyala api

Asmawati mengimbau warga agar tidak menyebarkan berita yang tidak benar karena hal tersebut dapat memicu munculnya spekulasi negatif.

The Star Online kemudian menyebutkan bahwa sebenarnya video tersebut terjadi di Taiwan yang mana hal itu merupakan letusan salah satu gunung api di daerah Xinyuan di Pingtung, Taiwan beberapa tahun lalu.

Menurut artikel dari Central News Agency, letusan tersebut terjadi di daerah sekitar pemakaman dan juga menyebabkan adanya kerusakan lahan. Berikut video kontroversialnya.

HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Kemegahan gedung Garuda ini tinggal kenangan, kini rata dengan tanah

Seram, hewan raksasa berbentuk pipa ditemukan di dasar laut

Santap makanan ini sebelum tidur dipercaya bisa merangsang mimpi indah