Brilio.net - Kabut asap Riau diketahui telah menyebar hingga negara tetangga, Malaysia dan Singapura sejak sepekan lalu. Tercatat sejak tanggal 14 September Standar Indeks Polutan (PSI) meningkat menjadi 984 yang mengindikasikan kondisi sangat darurat.

Sekolah-sekolah di Malaysia meliburkan para siswa. Terutama  yang terkena dampak asap paling parah. Sedangkan pemerintah Singapura mengimbau warganya untuk tetap berada di rumah terus agar terhindar dari kontaminasi asap.

VIDEO: Cara dukun asal Malaysia hentikan kabut asap

Melihat kondisi asap yang bertambah parah, dukun asal Malaysia kemudian melakukan sebuah ritual untuk menghentikan asap tersebut. Seperti yang dilansir dari stomp dukun tersebut bernama Ibrahim Mat Zin. Dia melakukan ritual menggunakan bambu yang digunakan untuk teropong dan sebalok es di atas ember. Balok es tersebut merupakan simbol harapan untuk udara bersih.

Mat Zin sendiri memang dukun yang cukup terkenal di Malaysia. Saat kejadian pesawat Malaysia Airlines MH 370 tahun lalu, Mat Zin juga turut melakukan ritual di dalam bandara menggunakan buah kelapa dengan harapan pesawat segera ditemukan.

Loading...

Tonton video ritual mengusir asap oleh Ibrahim Mat Zin yang direkam oleh salah satu stasiun teleisi swasta setempat di bawah ini: