Brilio.net - Pola hidup sehat memang tidak mudah untuk dijalani. Selain membutuhkan komitmen, pola hidup seperti ini juga menuntut untuk selalu hati-hati. Terutama saat kamu memilih bahan makanan yang ingin dikonsumsi apalagi buah-buahan dan sayuran.

Kita tidak tahu apakah buah dan sayur yang kita konsumsi mengandung zat pestisida atau tidak. Untuk itulah kamu harus memahami dengan benar cara membersihkan zat pestisida pada saat mencucinya. Berikut adalah tips untuk melakukannya dikutip oleh brilio.net dari Ndtv, Selasa (15/9).

Untuk tips pertama, kamu bisa mencuci sayuran dan buah dalam saringan. Kemudian siramkan air dari atas saringan tersebut. Hindarilah menuangkan buah dan sayuran dalam mangkuk yang airnya tidak mengalir.

Untuk buah seperti apel, jambu, mangga, pir, dan anggur kamu bisa menambahkan garam pada air yang digunakan. Hal ini bisa menghapus pestisida di celah-celah buah tersebut. Selain itu pilihlah air dingin untuk mencucinya.

Tips lain adalah dengan mencampur cuka dan air dengan perbandingan (1:9). Rendam buah dan sayur dalam cairan tersebut. Kemudian setelah itu bersihkan dengan air yang mengalir. Ketika menggunakan cara ini, kamu harus hati-hati saat mencuci buah stroberi atau buah beri lainnya karena bisa merusak pori-pori dari kulit buah tersebut.

Loading...

Jika kamu tidak terlalu yakin dengan tiga cara di atas, kamu bisa mengupasnya. Tentu saja cara ini tidak bisa dilakukan terhadap semua jenis buah dan sayur. Kamu bisa menggunakan cara ini terhadap kentang.

Jadi, sudah siap untuk melakukan pola hidup sehat?