Brilio.net - Belakangan masyarakat sedang diresahkan kejadian pembakaran masjid di Tolikara, Papua. Musibah ini dinilai membahayakan karena dapat memecah belah kebhinekaan Indonesia yang disebabkan konflik antar agama.

Seakan bermula dari insiden di Tolikara tersebut, ada juga oknum yang mencoba untuk membuat kerusuhan lagi. Kejadian kali ini bukan masjid yang dibakar melainkan gereja.

Pintu gereja di Dusun Saman, Desa Bangungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dibakar oleh oknum tak dikenal. Oknum tersebut menggunakan sebuah ban digantung dan disiram bensin dan lalu dibakar tepat di depan pintu gereja bernama Baptis Indonesia Saman itu.

Melihat kejadian tersebut, warga sekitar yang mayoritas muslim saling bahu-membahu memadamkan api yang berkobar di depan pintu Gereja pada Senin (20/7) dini hari itu.

Moris, salah seorang warga sekitar menuturkan hingga saat ini pelaku percobaan pembakaran saat ini masih dalam penyelidikan.

Loading...

"Kebetulan lokasi gereja itu ada di dekat rumah saya, kampung sebelah. Ini adalah dokumentasi pribadi pasca insiden, langsung dari TKP," ujar Moris kepada brilio.net, Jumat (24/7).

Meski banyak orang tersulut amarah akibat insiden pembakaran masjid di Tolikara beberapa waktu lalu, rupanya kejadian tersebut tak menyurutkan niat warga Dusun Saman untuk tetap menghargai kepercayaan antar umat beragama.

Bahkan mereka bahu membahu menolong saudaranya sesama warga negara Indonesia yang rumah ibadahnya dirusak oleh orang tidak bertanggungjawab.

SEDANG POPULER DI BRILIO:

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

16 Foto balasan SMS penipuan yang bikin ketawa ngakak

Ingat 'Si Kentung' film Tuyul & Mbak Yul? Kisahnya sungguh tragis

Kisah Mbah Sholeh, tukang sapu Masjid Ampel yang punya 9 makam

12 Kebiasaan harian yang ternyata bisa bahayakan kondisi mental kamu!

Sering nyeri punggung? Hati-hati, itu bisa karena kebiasaan merokokmu!

Awas! 10 Bahan makanan ini nggak boleh kamu simpan di dalam lemari es

VIDEO: Hal-hal yang terjadi pada jasadmu di dalam tanah usai meninggal

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis