Brilio.net - Perkembangan teknologi di dunia kedokteran semakin menunjukkan kemajuan yang signifikan. Sebuah operasi yang sepertinya hanya menjadi angan, sukses dilakukan seorang dokter di China. Dokter Ren Xiaoping dan rekannya di Harbin Medical University sukses melakukan transplantasi kepala pada tikus setelah melakukan percobaan sejak 2013 silam.

Dikutip brilio.net dari Shanghaiist, Rabu (10/6), dokter lulusan Cincinnati College of Medicine berusia 53 tahun itu sukses mengganti kepala tikus berkepala putih dengan kepala tikus berkepala cokelat. Tikus hasil transplantasi kepala juga bisa bernapas dengan sempurna dan bergerak seperti biasa dan bertahan beberapa jam.

Ren berharap dia bisa melakukan operasi transplantasi kepala pada seekor monyet pada musim panas tahun ini yang mana merupakan operasi transplantasi kepala pada primata yang pernah dilakukan manusia. Meski begitu ada beberapa rintangan termasuk bagaimana caranya agar otak primate tetap mendapat pasokan oksigen dan kendala penolakan dari sistem imun tubuh

Ren mengatakan ingin melakukan ini secara klinis. Tentu saja kita ingin melakukannya, tapi kita harus melakukannya pada hewan dengan daya tahan yang lama sebelum melakukannya pada manusia, sekarang, saya bisa katakan, saya tidak terlalu percaya diri untuk bisa mengatakan bisa melakukan transplantasi pada manusia," jelas Ren mewakili timnya.

Ren percaya, langkah yang dilakukannya adalah langkah awal untuk operasi-operasi yang lebih besar lagi. Saya percaya bahwa hal itu (operasi transplantasi kepala pada manusia) tidak akan lama lagi bisa dilakukan, harapnya.

BACA JUGA:

Anak tukang tambal ban ini hanya butuh 16 bulan hafal al quran 30 juz

Ini penjelasan kenapa sosok ayah tak tampak di biskuit Khong Guan

Seorang ibu pasang iklan mencari 'ayah sementara' untuk anaknya

Olahraga 15 menit bisa bikin kamu hidup 3 tahun lebih lama

Keluarga kamu ada yang darah tinggi? Coba suruh makan buah bit

TRENDING NEWS:

VIDEO: Kisah kue ibu untuk anakku yang akan membuatmu menangis

Menyeramkan, pulau misterius ini membunuh siapa saja yang datang

Es batu yang kamu minum dari air mentah atau air matang?

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

Kontroversi surat terbuka Anggun C Sasmi ke Presiden Jokowi