Brilio.net - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Itu sebabnya setiap tanggal 10 November diabadikan sebagai Hari Pahlawan, untuk mengenang jasa pahlawan mempertahankan kemerdekaan.  Bukan sekadar seremonial, pahlawan punya arti luas.

Sekarang ini pahlawan punya arti yang luas, bukan hanya mereka yang bertempur di medan perang. Mereka yang punya peran penting dalam hidupmu bisa juga disebut pahlawan. Seperti Delta (31) orang tuanya adalah pahlawan yang sangat hebat, pejuang bagi dia dan adik-adiknya.

"Kami tidak berasal dari keluarga kaya, kami cukup sederhana, saya paham betul bagaimana bapak dan ibu yang banting tulang untuk biaya sekolah saya dan adik," cerita Delta kepada brilio.net melalui layanan story telling, Selasa (10/11).

Ayah Delta bekerja sebagai petani dan ibunya sendiri bekerja sebagai buruh pabrik di Yogyakarta. Delta merasakan betapa perjuangan kedua orang tuanya itu banting tulang demi menghidupi keluarga. Meski mereka tidak kaya, namun bagi Delta keluarganya selalu cukup. Kedua orang tuanya pun sibuk mencari uang untuk biaya hidup mereka namun tidak sedikitpun Delta dan adik-adiknya kehilangan kasih sayang dari mereka.  Salah satu kegiatan yang selalu diingat oleh Delta semasa kecil adalah ibunya dan ayahnya tidak pernah lupa mengingatkan mereka shalat. Shalat magrib secara berjamaah pun tidak pernah luput mereka tunaikan.

"Biaya pendidikan memang tidak murah, namun saya ingat ayah selalu berpesan kalau soal biaya biar ayah dan ibu yang urus asalkan anak-anaknya harus tetap rajin belajar, pasti ada jalan," ujar anak pertama dari 3 bersaudara ini.

Pria yang kini berdomisili di Kalimantan Timur ini memiliki ingatan tersendiri terhadap hari pahlawan. Takdir atau hanya kebetulan, 5 tahun silam ayahnya meninggal dunia karena menderita penyakit kanker dan ayahnya meninggal tepat di hari pahlawan yaitu 10 november dan setahun berselang sang ibupun meninggal di tanggal yang sama. Sehingga beberapa tahun terakhir ini, tanggal 10 november adalah hari yang berkesan baginya dan adik-adiknya. Baginya hari pahlawan adalah hari di mana dia mengenang kepergian orang yang mereka sayangi.

"Saya sebagai anak cukup menyesal belum bisa memberikan hal yang lebih buat ayah dan ibu untuk sekedar membahagiakan mereka. Kini setiap harinya saya dan adik-adik hanya bisa mengirimkan doa kepada mereka berdua," lanjut pegawai salah satu perusahaan karet yang ada di Kalimantan Timur.

Itu kesan hari pahlawan bagi Delta yang tidak dapat terlupakan, bagaimana denganmu?

Cerita ini disampaikan Delta melalui telepon bebas pulsa Brilio.net di nomor 0-800-1-555-999. Semua orang punya cerita. Ya, siapapun termasuk kamu punya kisah tersembunyi baik cerita sukses, lucu, sedih, inspiratif, misteri, petualangan menyaksikan keindahan alam, ketidakberuntungan, atau perjuangan hidup yang selama ini hanya kamu simpan sendiri. Kamu tentu juga punya cerita menarik untuk dibagikan kepada kami. Telepon kami, bagikan ceritamu!