Brilio.net - Jika kamu menonton film action, terutama bertemakan perang, kamu akan menjumpai tayangan markas bawah tanah. Bahkan, dalam film X-Man Days of Future ada markas bawah laut. Tapi, pernahkah terpikir oleh kamu bahwa sebenarnya markas-markas tersembunyi bawah tanah semacam ini memang nyata, bahkan sudah diterapkan sejak ratusan tahun silam?.

Pada masa Sri Sultan Hamengkuwono (HB) I berkuasa di Kesultanan Yogyakarta tahun 1755-1792, markas bawah tanah sudah diterapkan untuk pemerintahannya. Sebutan akrab untuk markas seperti ini adalah bunker. Bangunan ini dijadikan ruang perlindungan bawah tanah dari serangan musuh.

Pada zaman Sri Sultan Hamengkubuwono I, penjajah Belanda tak ada hentinya mengajak kompromi agar tidak melakukan perlawanan. Sang raja pun geram dan akhirnya memutuskan melawan dengan membentuk pemberontakan melawan VOC yang kala itu memonopoli kesejahteraan rakyat Indonesia.

Tempat eksotis ini ternyata dulunya bunker bawah air milik Raja Jawa

Bunker raja tampak dari pintu masuk

Loading...

Saat menjadi buronan, sang raja memiliki sebuah tempat aman yang tidak terduga oleh pasukan Belanda. Tempat tersebut adalah bangunan masjid kuno yang sekarang dikenal dengan nama Taman Sari Keraton Yogyakarta. Bangunan itu bak sebuah bunker yang akan melindungi sang raja dari serangan dari luar.

Selain letaknya berada di bawah tanah, kecanggihan dari bunker sang raja ini tidak mudah dideteksi keberadaannya oleh musuh karena ditutupi oleh air danau. Belanda tidak akan mengira bahwa itu adalah masjid dan tempat persembunyian raja karena hampir seluruh bangunannya tertutup air dan harus menggunakan sampan jika akan menuju ke tempat tersebut.

Sayangnya, sejak letusan Gunung Merapi tahun 1800-an bangunan Taman Sari Keraton Yogyakarta ini tidak dapat dipakai lagi. Pasalnya seluruh air yang menjadi pelindung tertutup luapan pasir dari letusan gunung itu. Kini Taman Sari Keraton menjadi salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi turis. Masyarakat mengenalnya sebagai tempat pemandian permaisuri.

KLIK JUGA:

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil