×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

View Image

0

BRILIO » News

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

Ada beberapa kesalahan dalam menulis blog yang wajib kamu hindari.

28 / 12 / 2015

Brilio.net - Perkembangan teknologi memberikan kemudahan seseorang untuk menulis. Banyak website yang menyediakan fitur menulis secara gratis ataupun berbayar. Seperti Blogspot milik Google atau Wordpress. Seiring perkembangan, semakin banyak juga orang yang mulai menulis lewat blog.

Tapi sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan dasar dalam menulis di blog. Kira-kira apa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber (28/12), 8 Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula.

1. Tanpa tujuan

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

foto: lghmarketstrategy.com

Loading...

Dalam menulis blog atau nge-blog, kita memang diberi kemudahan dan kebebasan untuk menulis. Tapi kebebasan ini bukan berarti tulisan yang ada di blog adalah tulisan yang tanpa tujuan. Apalagi jika tujuan nge-blog adalah untuk mencari trafik, maka menulis tanpa tujuan adalah suatu kesalahan yang cukup fatal. Karena mesin pencari seperti Google sangat menyukai sebuah blog yang mempunyai tema.

"Aku menulis di blog harus ada tujuan. Salah satu tujuanku adalah membagi pengetahuan kepada pembaca di segmen desain vector," ungkap Muhammad Mudzofar, salah satu ahli desain vector yang juga punya blog pribadi kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

2. Sering mengganti-ganti template

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

foto: btemplates.com

Template pada blog memang menjadi pemanis bagi para pembaca. Ada banyak sekali template yang bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar. Tapi terlalu sering mengganti-ganti template adalah keputusan yang kurang bijak. Jika terlalu sering akan membuat blog seperti nggak konsisten. Menggunakan template yang nggak sesuai tema blog juga merupakan suatu kesalahan lho.

3. Terlalu banyak iklan

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

foto: designrshub.com

Memasang iklan pada blog pribadi adalah hal yang sah-sah saja. Mengingat penghasilan yang didapat juga cukup menggiurkan. Malah ada beberapa blogger yang tujuannya memang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari iklan di blognya. Tetapi memasang iklan terlalu banyak akan membuat pengunjung nggak nyaman. Alhasil, baru melihat pertama kali saja sudah malas karena terlalu banyak iklan yang muncul.

4. Jarang update konten

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys! foto: business2community.com

Konsistensi dalam menulis konten merupakan hal yang paling susah dalam nge-blog. Rasa malas atau nggak punya ide bisa menjadi penyebab seorang blogger jarang update konten di dalam blognya. Untuk mengatasi ini, berilah jadwal atau target dalam menulis konten, misalnya satu hari harus menulis satu konten, atau satu minggu minimal ada 5 konten baru di dalam blogmu.

5. Terlalu sering copy-paste

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

foto: copypasteproducts.com

Copy paste konten mungkin bisa jadi senjata terakhir ketika ide sedang surut. Tapi jika terlalu sering, ini akan berdampak terhadap trafik di blogmu. Mesin pencari juga lebih menyukai konten yang otentik daripada konten yang copas atau copy-paste. Lebih parah lagi jika kamu menerapkan copy-paste tanpa mencantumkan sumber.

6. Takut ide baru

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys! foto: spring.org.uk

Ketakutan akan ide baru memang sering muncul dalam pikiran kita. Bisa jadi penyebabnya adalah kita merasa orang nggak akan bisa menerima ide yang akan kita tulis. Padahal ide-ide baru ini bisa menjadi penyegaran dalam isi blog kamu lho. Sesekali cobalah untuk 'menabrak' dengan ide-ide baru. Mungkin saja ide itu justru mengundang banyak pengunjung baru ke dalam blogmu.

7. Minim pengetahuan

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

foto: doubleyoutimesthreedotcom.wikispaces.com

Ini kesalahan yang sederhana. Yakni nggak memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk membahas suatu topik. Jadi dari awal pastikan isi blogmu adalah topik atau sesuatu yang kamu senangi. Jika sudah senang otomatis kamu akan lebih sering untuk mencari tahu dan belajar, dan ini bisa kamu bagi ke dalam blogmu.

8. Nggak belajar SEO

Suka nge-blog? hindari 8 kesalahan ini ya, guys!

foto: serviceinbound.com

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu elemen penting dalam nge-blog. Apalagi jika tujuan blogmu adalah untuk menghasilkan uang. Dari SEO inilah nanti pengunjung akan banyak datang mengunjungi blogmu. Dari banyaknya pengunjung inilah kemudian para pengiklan tertarik untuk memasang iklan di blogmu. Jadi jika salah satu tujuanmu nge-blog adalah untuk menghasilkan uang, pastikan dari sekarang kamu belajar SEO ya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more