Brilio.net - Apakah kamu sering terganggu saat mendengar orang menyeruput minumannya? Atau merasa kesal dengan orang yang bersuara ketika makan, misalnya saat makan popcorn di bioskop atau mengunyah permen karet? Jika kamu risih dengan suara itu, berarti termasuk dari 20 persen orang di dunia yang terkena misophonia. Nah, apakah ini berbahaya bagi kesehatanmu?

Penelitian dilakukan Northwestern University, Illinois, Amerika Serikat menemukan bahwa mereka yang hipersensitif terhadap suara adalah pribadi yang kreatif, seperti dilansir brilio.net dari lifehack, Selasa (15/12). Jadi, jika kamu merasa terganggu suara mengunyah, mungkin kamu adalah orang jenius. Semakin marah kamu saat mendengar suara orang mengunyah makanan, menunjukkan tingginya kecemerlangan otakmu. Tapi bagaimana mungkin orang dengan misophonia berhubungan dengan kreativitas?

Studi: Sensitif dengan suara kecapan orang makan bukti dirimu jenius

Kesimpulan ini didapat berdasarkan penelitian dengan melibatkan seratus orang yang dipantau berdasarkan reaksi mereka terhadap sejumlah suara. Kemudian para para partisipan diminta mengisi kuesioner di akhir penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara orang yang menjawab kuesioner paling kreatif dengan orang-orang yang sensitif terhadap suara. Dengan kata lain, studi ini menunjukkan semakin sering mereka terganggu oleh suara, semakin tinggi tingkat kreativitasnya.

Loading...

Teori ini terbukti ketika banyak orang-orang kreatif yang tidak menyukai kebisingan. Seperti seorang penulis yang membutuhkan keheningan saat bekerja. Jadi ketika kamu kesal saat mendengar orang lain makan dengan berbunyi, tarik saja napas dalam-dalam dan ingatkan diri kamu bahwa kamu lebih kreatif dari mereka, dan mungkin saja lebih pintar dari mereka.

Namun, jika suara orang yang mengunyah makanan sangat mengganggu buat kamu, cobalah berlatih teknik Jastreboff yang ditemukan Pawel Jastreboff. Teknik ini dilakukan dengan cara menggabungkan pengalaman positif dengan suara yang terdengar dari mulut. Contoh mudahnya, ketika kamu mendengar suara kecapan makan, mulailah menganggapnya seperti suara air terjun di suatu lokasi yang indah.

Secara bertahap, teknik ini akan mengurangi emosi negatif yang sedang kamu rasakan. Selain itu, teknik ini juga terbukti efektif hingga delapan puluh persen. Jadi kamu tidak perlu merasa terganggu lagi saat mendengar suara-suara tersebut.

Bagaimana guys tertarik buat mencoba teknik ini saat mulai terganggu dengan suara kecapan orang yang sedang makan?