Brilio.net - Selama bertahun-tahun kamu pasti sering mendengar anggapan atau menemukan bukti ilmiah kalau otak manusia terbagi menjadi otak cewek dan otak cowok. Seperti teori yang dipaparkan oleh Simon Baron Cohen dari Cambridge University, otak manusia sebenarnya terbagi menjadi dua tipe, yakni tipe S yaitu tipe pria, dan tipe E yakni tipe wanita.

Namun menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti telah membuktikan bahwa tidak ada otak tipe cewek dan otak tipe cowok. Setiap orang itu berbeda.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences telah menetapkan bahwa untuk semua perbedaan fisik antara cowok dan cewek, otak gender itu tidak ada. Kebanyakan orang memiliki pikiran campuran, menggabungkan karakteristik otak pria dan wanita untuk membentuk struktur neurologis unik.

Daphna Joel dan rekan-rekannya di Universitas Tel Aviv di Israel mempelajari 1.400 orang untuk mencari variasi ukuran otak dan konektivitas pola. Hasil penelitian menunjukkan, 29 daerah dari otak tampaknya bervariasi berdasarkan jenis kelamin. Hampir tidak ada satu sampel memiliki semua fitur otak yang terkait dengan seks. Itu berarti bahwa, "Perbedaan jenis kelamin dalam struktur otak memang ada, tapi itu otak individu dengan campuran fitur"

"Tidak ada dua jenis otak," kata Joel seperti dilansir brilio.net dari ELLE, Rabu (2/12).