Brilio.net - Perkembangan teknologi di era seperti sekarang ini, mau tidak mau harus dihadapi oleh setiap negara. Jika negara tak siap dengan sumber daya manusianya, maka bisa dipastikan negara tersebut tidak akan mampu berkompetisi dengan negara-negara lain.

Sama halnya dengan negara Indonesia, peran SDM di era digital seperti halnya programming, sangat penting perannya untuk bisnis di era digital. Karena hal tersebut, salah satu perusahaan e-commerse mengadakan kompetisi antar ahli pemrograman guna menggali sumber daya berkualitas bagi industri digital.

Hal ini menjadi salah satu cara yang ditempuh Bukalapak.com untuk mendukung pertumbuhan UKM di Indonesia lewat platform digital. Programming Contest yang diadakan pada Selasa (2/2) ini, Tim Bukalapak menguji kemampuan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UII) untuk bersaing dan berkontribusi bagi dunia digital Indonesia, dengan menyelesaikan puzzle algoritma menggunakan bahasa C/C++, Java, Ruby, ataupun Python.

"Kami menyadari bahwa anak muda memiliki peranan penting untuk masa depan suatu negara. Melalui Programming Contest, kami ingin mengajak para mahasiswa untuk menantang dirinya berkontribusi bagi dunia digital Indonesia serta membantu mengatasi kesenjangan digital nasional," ujar Achmad Zaky, CEO dan CoFounder Bukalapak.com dalam sambutannya.

Acara lalu dilanjutkan dengan workshop dari Tim Bukalapak, Hadi Saloko – Engineer Manager, dan Roland Rifandi – Software Engineer. Sebanyak 50 mahasiswa dari angkatan 2012 hingga 2015 diberikan panduan tentang Golang at Bukalapak sebelum memulai kompetisinya.